Rabu 31 Jul 2024 06:47 WIB

Israel Mulai Bombardir Beirut, Perang Besar Dimulai?

Serangan terbaru Israel di Beirut menewaskan tiga orang.

Red: Fitriyan Zamzami
Dua pria menggunakan lampu teleponnya, saat memeriksa sebuah rumah di sebuah bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut, Lebanon, Selasa, 30 Juli 2024.
Foto: AP Photo/Hussein Mala
Dua pria menggunakan lampu teleponnya, saat memeriksa sebuah rumah di sebuah bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut, Lebanon, Selasa, 30 Juli 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT – Israel melancarkan serangan udara di Beirut, pada Selasa (30/7/2024) malam, menewaskan sedikitnya tiga orang. Serangan ini makin meningkatkan ketegangan antara negara tersebut dan kelompok Hizbullah Lebanon.

Militer Israel mengatakan bahwa serangan hari Selasa menargetkan komandan Hizbullah Muhsin Shukr. Namun pihak Hizbullah menyangkal klaim tersebut.

Baca Juga

Dilansir Aljazirah, Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan seorang wanita dan dua anak syahid dan puluhan lainnya luka-luka. Serangan itu terjadi tiga hari setelah serangan terhadap Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, yang menurut Israel dilakukan oleh Hizbullah.

Ledakan itu terdengar di pinggiran selatan Beirut sekitar pukul 19.40 waktu setempat pada Selasa malam. Serangan ini terjadi di lingkungan Haret Hreik dekat Dewan Syura Hizbullah, pusat otoritas pengambilan keputusan Hizbullah.

Separuh dari bangunan yang menjadi sasaran di lingkungan padat penduduk itu runtuh dan sebuah rumah sakit di dekatnya mengalami kerusakan ringan. Jalan-jalan di sekitarnya dipenuhi puing-puing dan pecahan kaca saat ambulans bergegas menuju lokasi kejadian. Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan tiga orang, termasuk dua anak-anak, tewas dan 74 luka-luka dalam serangan itu

“Korban non-final dari agresi Israel di pinggiran selatan Beirut… adalah tiga orang yang mati syahid, termasuk seorang perempuan, seorang anak perempuan dan seorang laki-laki”, kata kementerian tersebut, seraya menambahkan bahwa “pencarian orang hilang di bawah reruntuhan terus berlanjut”. Sumber Hizbullah mengatakan Shukr selamat dari serangan itu.

Militer Israel mengatakan serangannya menargetkan komandan Hizbullah Muhsen Shukr, yang juga dikenal sebagai “Haj Muhsen”. Mereka mengklaim bahwa Muhsen bertanggung jawab atas serangan terhadap Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel yang menewaskan 12 orang dan melukai 30 lainnya pada hari Sabtu.

Israel telah menduduki wilayah barat Dataran Tinggi Golan sejak perang tahun 1967, sedangkan sisanya berada di bawah kendali Suriah. Serangan roket pada hari Sabtu menghantam Majdal Shams, di bagian timur laut wilayah yang diduduki Israel. Hizbullah membantah terlibat dalam serangan itu.

Sejak melancarkan perangnya di Gaza pada bulan Oktober, Israel telah menyerang Beirut setidaknya satu kali sebelum serangan pada hari Selasa. Pada tanggal 2 Januari, Israel melancarkan serangan yang menewaskan pejabat senior Hamas Saleh al-Arouri. Serangan terakhir Israel terhadap Beirut sebelum ini terjadi pada tahun 2006, selama perang 34 hari antara Israel dan Hizbullah.

Militer Israel belum mengeluarkan instruksi baru apa pun untuk pertahanan sipil di Israel setelah serangan tersebut. Dilaporkan dari Beirut, koresponden Aljazirah mengatakan pesan Israel adalah bahwa ini adalah tanggapan yang mereka janjikan terhadap serangan Majdal Shams dan bahwa mereka tidak tertarik pada konfrontasi bersenjata lebih lanjut dengan Hizbullah lebih dari itu. Meskipun Hizbullah telah berjanji untuk menanggapi segala jenis serangan dari Israel, pembalasannya mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Ori Goldberg, seorang komentator politik di Tel Aviv, mengatakan kepada Aljazirah bahwa serangan itu kemungkinan bukan “eskalasi yang serius”. Dia menambahkan bahwa Israel mungkin tidak mengambil risiko berperang dengan Lebanon karena negara tersebut sudah berada di tengah “salah satu krisis domestik paling parah yang pernah dialaminya”.

“Perang dengan Lebanon mungkin bisa membuat Israel mendukung benderanya, tetapi dampaknya akan menjadi bencana,” kata Goldberg. Menanggapi pertanyaan mengenai serangan pada hari Selasa, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak percaya bahwa perang habis-habisan antara Hizbullah dan Israel tidak dapat dihindari. Presiden AS Joe Biden “yakin hal ini dapat dihindari” dengan solusi diplomatik, tambahnya.

Hizbullah janjikan musnahnya Israel jika perang besar dilakukan... baca halaman selanjutnya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement