Rabu 31 Jul 2024 08:31 WIB

Tak Hanya Wanita, Pria Juga Perlu Vaksin HPV, Mengapa?

Pemberian vaksin HPV untuk pria membantu menurunkan angka kanker serviks wanita.

Red: Qommarria Rostanti
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin HPV untuk pria (ilustrasi). Dokter merekomendasikan pemberian vaksin HPV bagi laki-laki untuk mencegah risiko kanker serviks pada pasangannya.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin HPV untuk pria (ilustrasi). Dokter merekomendasikan pemberian vaksin HPV bagi laki-laki untuk mencegah risiko kanker serviks pada pasangannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering kali, kita mendengar tentang vaksin HPV yang ditujukan untuk perempuan untuk mencegah kanker serviks. Namun, tahukah Anda bahwa vaksin ini juga sangat penting bagi laki-laki? 

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Dr dr Wresti Indriatmi merekomendasikan pemberian vaksin HPV bagi laki-laki untuk mencegah risiko kanker serviks pada pasangannya. "Vaksin HPV bisa diberikan kepada laki-laki untuk mengurangi risiko penyakit kanker serviks pada perempuan pasangannya," kata Wresti dalam webinar "Vaksin HPV: Mencegah Kutil Anogenital", beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Wresti menjelaskan, pemberian vaksin HPV bermanfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi human papillomavirus (HPV) bagi perempuan. Namun demikian, pemberian vaksin pada laki-laki ternyata membantu menurunkan angka kejadian kanker serviks, di mana perempuan terlindungi oleh manfaat vaksin ketika berhubungan seksual.

Selain itu, vaksin HPV bagi laki-laki mencakup perlindungan terhadap risiko terjadinya kutil anogenital hingga 90 persen. "Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa ketika vaksin diperkenalkan kepada laki-laki, maka terjadi penurunan juga untuk kanker serviks. Vaksin untuk perempuan saja sudah ada penurunan, apalagi ditambah laki-laki," ujarnya.