Rabu 31 Jul 2024 13:33 WIB

Salah Satu Menteri Israel Berkomentar Sinis Atas Terbunuhnya Ismail Haniyeh

Amichay Eliyahu berkomentar atas kematian pemimpin Hamas Ismail Haniyeh lewat X.

Red: Andri Saubani
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dilaporkan terbunuh di Iran pada Rabu (31/7/2024).
Foto:

Sejak perang Israel-Hamas meletus pada 7 Oktober 2023, lebih dari 60 anggota keluarga Haniyeh telah terbunuh oleh serangan Israel termasuk adik perempuannya, dan anak-anak, beserta tiga cucunya. Pada April lalu, seperti dikutip Middle East Eye, Haniyeh pernah mengatakan, "Lewat darah para martir dan rasa sakit korban terluka, kita membangun harapan, membangun masa depan, membangun kemerdekaan, dan kebebasan untuk rakyat dan bangsa kita."

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kan'ani telah bereaksi atas kematian Kepala Politik Biro Hamas Ismail Haniyeh yang terbunuh di Teheran, pada Rabu (31/7/2024). Dalam pernyataannya pada Rabu pagi, dikutip Mehr News, Kan'ani mengungkapkan duka cita atas kematian Haniyeh kepada rakyat Palestina, Hamas, dan semua kelompok pejuang Palestina.

Menurutnya, investigasi atas detail insiden oleh institusi relevan di Republik Islam Iran sedang berjalan. Kan'ani menegaskan, kematian Haniyeh akan mengungatkan ikatan mendalam antara Iran dan rakyat Palestina.