REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang semester I-2024, Bank Aladin Syariah secara konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja yang solid dengan terus berinovasi, baik dari sisi penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) maupun penyaluran pembiayaan.
Hingga Juni 2024, Bank Aladin Syariah berhasil mencatatkan total pendapatan bank sebesar Rp 320 miliar, meningkat 111 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Sedangkan dari sisi total dana pihak ketiga (DPK) bank mencapai Rp 4,7 triliun atau naik 44 persen dibandingkan dengan posisi Desember 2023.
Sementara dari sisi pembiayaan, di semester I 2024, Bank Aladin Syariah berhasil mencatatkan outstanding pembiayaan mencapai Rp 4 triliun atau naik sebesar 29 persen dibandingkan pada posisi Desember 2023. Sedangkan dari total aset, bank berhasil mencapai Rp 8,3 triliun atau meningkat 18 persen dibandingkan pada posisi Desember 2023.
Direktur Bank Aladin Syariah Firdila Sari mengatakan, pihaknya terus berfokus dan terus menjawab kebutuhan nasabah melalui produk-produk perbankan yang dekat dengan masyarakat seperti layanan tarik setor tunai serta QRIS yang terus diperluas dan telah tersedia di lebih dari 20 ribu gerai Alfamart, Alfamidi, serta perluasan jaringan pada Lawson dan DAN+DAN di seluruh Indonesia.
Bank Aladin Syariah juga telah meluncurkan produk penempatan deposito ritel yang dapat diakses langsung melalui aplikasi Aladin dengan nama Ala Deposito. Produk ini akan mempermudah nasabah untuk mengelola keuangan secara lebih terencana sesuai dengan kebutuhan dan jangka waktu deposito.
Tidak hanya itu, Bank Aladin Syariah juga memiliki produk baru yaitu Ala Gen untuk memberikan solusi transaksi finansial untuk anak-anak dan remaja yang memungkinkan mereka belajar mengelola keuangan dan menabung sejak dini namun orang tua tetap dapat melakukan pengawasan dan kontrol melalui aplikasi Aladin.
“Bank Aladin Syariah juga terus berkolaborasi melalui kerjasama dengan berbagai mitra untuk memperluas layanan perbankan, salah satunya dengan layanan Banking as a Service (BaaS) yang menghubungkan sistem Bank Aladin Syariah dengan mitra melalui Application Programming Interface (API).
Saat ini kerjasama BaaS telah dilakukan dengan Alfagift untuk para customer Alfamart melakukan pembayaran belanja serta transaksi perbankan dengan mudah dengan terkoneksi langsung dengan app Bank Aladin Syariah” jelas Firdila dalam keterangan, Rabu (31/7/2024).
Ia menekankan, bank terus mengedepankan prinsip syariah, prinsip kehati-hatian (prudent) serta tata kelola yang jaik. Hal ini dapat dilihat dari kualitas pembiayaan bank yang baik dengan rasio Non Performing Financing (NPF) yang terjaga di level 0 persen.
Bank Aladin Syariah juga akan terus siap mendorong ekspansi bisnis dengan terobosan-terobosan baru yang dekat dengan keseharian masyarakat dan terus melebarkan inklusi keuangan syariah di Indonesia.