Rabu 31 Jul 2024 18:27 WIB

Kemarau Panjang Mengancam, Pj Gubernur Jabar Bey Lakukan Antisipasi Serap Aspirasi Petani

Bey mengunjungi dan berdialog dengan para petani di Bogor

Red: Arie Lukihardianti
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menyerap aspirasi petani dan meninjau situasi di lapangan di Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor saat kunjungan kerja, Rabu (31/7/2024).
Foto: Dok Republika
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menyerap aspirasi petani dan meninjau situasi di lapangan di Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor saat kunjungan kerja, Rabu (31/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Kemarau panjang masih membayangi di Tahun 2024 ini. Untuk mencari langkah antisipasi, Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin menyerap aspirasi petani dan meninjau situasi di lapangan.

Bey mengunjungi dan berdialog dengan para petani di Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor saat kunjungan kerja, Rabu (31/7/2024). Para petani di daerah tersebut pada tahun lalu terdampak kekeringan panjang yang menyebabkan pergeseran musim tanam.

Baca Juga

“Tahun ini panen kedua, tapi musim tanamnya baru satu kali, terakhir itu akhir tahun lalu baru panen Bulan Maret, ini yang kedua. Biasanya mereka akan menanam lagi akhir tahun, atau awal tahun,” ujar Bey.

Memiliki produktifitas 5,6 ton gabah kering giling 6 ton dengan harga jual Rp6.000 per kilogram, para petani berencana mempercepat musim tanam pada Agustus 2024 ini. Rencana ini ditopang topografi kawasan persawahan di sana yang dialiri Sungai Cihoe.

“Dengan sistem pompanisasi yang ada, mereka akan menanam lagi Agustus dengan bantuan pompa. Biasanya, mereka akan menyewa pompa, tapi saya akan upayakan mereka mendapat bantuan pompa dari Kementerian Pertanian,” katanya.

Namun Bey menemukan temuan menarik karena para petani menggunakan pompa di sana menggunakan tabung gas elpiji 3 kilogram menggantikan bensin. Dengan memakai gas elpiji, satu hari yang biasanya menggunakan 10 liter bensin petani harus mengeluarkan Rp100.000-Rp120.000.

“Kalau pakai gas melon itu hanya Rp 25.000, jadi ada penghematan sekitar 70 persen, tapi saya juga melaporkan ke Kementan kalau mereka membeli pupuk sampai Rp160.000,” katanya.

Menurutnya pihaknya mesti mendapatkan laporan langsung dari para petani karena ancaman kemarau panjang harus diwaspadai. Dialognya dengan para petani dinilai Bey memberikan informasi berharga, terlebih para petani ini menggarap sawah milik mereka.

Bey memastikan temuan di lapangan dilaporkan langsung pada Irjen Kementerian Pertanian baik urusan pupuk yang masih mahal dan bantuan pompanisasi. Menurutnya petani di Tegal Panjang bersedia mendapatkan bantuan pompanisasi, meski masih menggunakan tenaga bensin.

Soal bahan bakar bensin ini para petani mengeluhkan jauh dan sulitnya mendapatkan bensin. “Mereka kerepotan beli bensin, harus pake jerigen, kadang-kadang di SPBU ditolak, kalau pakai elpiji itu praktis karena tinggal beli di warung, polusi juga berkurang, ini jadi temuan di lapangan, sudah saya laporkan ke Irjen Kementan,” katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau tahun 2024 di sebagian besar wilayah Indonesia mundur dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Adapun puncak musim kemarau 2024 diprediksikan terjadi di bulan Juli dan Agustus 2024.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement