Rabu 31 Jul 2024 20:21 WIB

UMJ Masuk 10 Besar dalam Pemeringkatan Perguruan Tinggi Swasta Versi Webometrics

UMJ menduduki peringkat ke-77 dari 3.523 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Red: Friska Yolandha
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi perguruan tinggi swasta terbaik menduduki peringkat ke-7 di Jakarta dan ke-7 dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisylyah (PTMA).
Foto: dok Republika
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi perguruan tinggi swasta terbaik menduduki peringkat ke-7 di Jakarta dan ke-7 dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisylyah (PTMA).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi perguruan tinggi swasta terbaik menduduki peringkat ke-7 di Jakarta dan ke-7 dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA). Hal itu didasarkan dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh Webometrics sebagai lembaga pemeringkatan internasional.

Selain itu, UMJ juga menduduki peringkat ke-77 dari 3.523 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Dengan tersebarnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) di berbagai wilayah Indonesia bahkan hingga ke luar negeri, sering kali universitas yang dimiliki oleh organisasi Muhammadiyah ini masuk dalam jajaran kampus terbaik di dunia.

Baca Juga

Adapun universitas yang termasuk dalam kategori 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik se-Jakarta menurut Webometrics berdasarkan urutan peringkat diantaranya Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Trisakti (USAKTI), Universitas Mercu Buana (UMB), Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Universitas Budi Luhur (UBL), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Jayabaya (UJ), Universitas Nasional (UNAS), dan Universitas Esa Unggul (UEU).

Sementara PTMA yang menduduki peringkat 10 besar terbaik versi Webometrics yaitu, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya), Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR), dan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS).

Pemeringkatan Webometrics merupakan sebuah lembaga yang mengevaluasi kualitas dan visibilitas sebuah website universitas atau institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. Penilaian Webometrics dilakukan setiap dua kali dalam setahun yakni Januari dan Juli.

Penilaian Webometrics didasarkan pada tiga indikator penilaian utama, dengan bobot nilai yang berbeda yaitu Impact (50%), Openness (10%), dan Excellence (40%). Impact mengukur seberapa banyak website eksternal yang mencantumkan link mengarah ke domain website UMJ, Opennes menghitung jumlah peneliti yang disitasi oleh 310 author teratas, dan Excellence merujuk pada banyaknya jurnal yang dikutip oleh 10% jurnal teratas dari 27 bidang ilmu pada keseluruhan database Scimago (Scopus).

Dalam penilaian ini, UMJ berhasil meraih Impact Rank sebesar 754, Openness Rank sebesar 2258, dan Excellence Rank mencapai angka 7504.

Untuk saat ini, peringkat Webometrics secara Nasional masih diduduki oleh Universitas Indonesia pada posisi pertama, Universitas Gadjah Mada di posisi kedua, dan diikuti Universitas Airlangga di posisi ketiga.

Pemeringkatan yang dirilis oleh Webometrics penting sebagai referensi bagi calon mahasiswa dalam memilih kampus, selain mempertimbangkan akreditasi, program studi, dan fasilitas yang ditawarkan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement