Kamis 01 Aug 2024 04:46 WIB

Pertamina Resmikan Kompetisi Jurnalis Tahunan Edisi 2024, Ini Besaran Hadiahnya

Pertamina menyiapkan total ratusan juta rupiah dan training ke luar negeri.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gita Amanda
Peresmian dimulainya Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (31/7/2024).
Foto: Pertamina
Peresmian dimulainya Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kabar baik untuk insan media. PT Pertamina (Persero) kembali menggelar lomba karya jurnalistik.

Peresmian Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 berlangsung di Hotel Kempinski Indonesia, di Jakarta, Rabu (31/7/2024) siang WIB. Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan kegiatan seperti ini sebagai apresiasi perusahaannya kepada media yang telah membuat karya jurnalistik berkualitas bagi publik. 

Baca Juga

"Ini juga sebagai cara untuk semakin meningkatkan sinergi antara kami dan teman-teman wartawan, karena kita tidak bisa pungkiri, selama ini teman-teman pulalah yang membantu kami," kata Fadjar saat ditemui setelah acara.

Kompetisi tahunan ini, lanjut dia, juga dalam rangka menyambut ulang tahun Pertamina ke-67, pada Desember 2024. Sudah 21 tahun AJP berjalan. AJP 2024 bisa diikuti oleh jurnalis cetak, online, elektronik serta jurnalis foto. Syaratnya, karya jurnalistik telah dipublikasikan di media massa pada rentang waktu sejak 6 November 2023 hingga 31 Oktober 2024. 

Berbeda dari AJP sebelumnya, lanjut Fadjar, AJP tahun ini memiliki delapan kategori lomba yang terbagi menjadi dua pilar yakni Bisnis dan Non Bisnis. Pilar Bisnis meliputi empat Kategori Karya yakni Karya Tulis (Media Cetak dan Online), Karya Televisi, Karya Radio dan Karya Essay Foto. Begitu juga dengan pilar Non Bisnis terbagi menjadi empat kategori meliputi Karya Tulis (Media Cetak dan Online), Karya Televisi, Karya Radio dan Karya Essay Foto. 

Ia menerangkan, untuk pilar bisnis, para jurnalis bisa menulis  tentang kinerja dan operasional Pertamina dari hulu ke hilir. Kemudian inovasi dan digitalisasi, transisi energi dan energi hijau, ekspansi bisnis dan sebagainya. Sementara untuk pilar non bisnis terkait tanggung jawab sosial singkungan (TJSL) atau CSR, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dukungan Pertamina pada olahraga dan lain-lain.

photo
Peresmian dimulainya Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (31/7/2024). - (Pertamina)

Lalu bagaimana besaran hadiahnya? Pertamina menyiapkan total ratusan juta rupiah dan training ke luar negeri. Berikut perinciannya.

Dimulai dari perhitungan di teritori. Total ada 10 teritori dari wilayah kerja Pertamina di seluruh Indonesia. Setiap juara di teritori mendapat uang Rp 7.000.000, lalu peringkat kedua mendapat Rp 5.000.000, dan di peringkat ketiga mendapat uang tunai Rp 3.000.000.

Berikutnya pemenang kategori nasional mendapat hadiah lebih besar lagi. Pihak yang menjadi juara memperoleh uang tunai Rp 20 juta, lalu peringkat kedua (Rp 15 juta), dan peringkat ketiga (Rp 10 juta). Terakhir wartawan yang memperoleh status best of the best mendapat hadiah training jurnalistik ke luar negeri.

"Rencananya malam penganugerahan AJP 2024 ini tanggal 13 Desember 2024. Mudah-mudahan tidak ada perubahan. Kalau tahun lalu di Jogja, tahun ini di mana ya? Pokoknya tetap kota yang baru, kota yang menarik. Saya nggak bisa kasih (bocoran) daerahnya," ujar Officer Media Communication, Elok Riani Ariza.

Sebanyak delapan orang menjadi juri AJP 2024. Para juri tersebut ada yang berasal dari kalangan jurnalis dan fotografer senior, akademisi, pengamat, praktisi komunikasi, juga budayawan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement