Kamis 01 Aug 2024 02:03 WIB

Kunjungi Akademi Alquran di Emirat Arab, ASFA Foundation Perluas Kerjasama

ASFA Foundation akan bangun kerja sama dengan Akademi Alquran Emirat Arab.

Red: Erdy Nasrul
Tim ASFA Foundation mengunjungi Akademi Alquran di Uni Emirat Arab
Foto: dokweb
Tim ASFA Foundation mengunjungi Akademi Alquran di Uni Emirat Arab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Dr. H. Syafruddin Kambo mengunjungi Akademi Alquran Al-Karim di Sharjah, Uni Emirat Arab, (31/7).

Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Akademi Dr. Kholifah Misbah At-Toniji didampingi para staf. Pertemuan keduanya membahas kerjasama pendidikan khususnya yang berkaitan dengan Alquran Al-Karim.

Baca Juga

At-Toniji menyatakan bahwa Akademi Alquran yang dipimpinnya siap bekerjasama dengan ASFA Foundation dalam pembelajaran Al-Quran dengan berbagai ragam metode qiraatnya yang bersanad, dilengkapi dengan pendalaman ilmu tafsir dan ulumul Quran.

At-Toniji juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan berharga ini. Ia mengatakan telah banyak mendengar peran dan kiprah keumatan yang dilakukan oleh Pak Syafrudin khususnya dalam pengembangan SDM, kemanusiaan dan perdamaian, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Haji Syafruddin dalam sambutannya menyatakan bahwa kerjasama ini dimaksudkan untuk memperluas khazanah keIslaman para kader pesantren dan kelembagaan pendidikan Islam pada umumnya.

"Pengetahuan dan pendalaman Alquran yang komprehensif dari berbagai aspeknya perlu disampaikan kepada para kader-kader ulama dan pimpinan pesantren, termasuk guru-guru di pesantren dan lembaga pendidikan Islam lainnya, supaya berwawasan luas dan maju", ujarnya.

Syafruddin kembali menegaskan bahwa dalam rangka menuju bonus demografi dan Indonesia Emas 2045, diperlukan strategi yang matang dan terstruktur untuk meningkatkan kapasitas SDM unggul, yang pada akhirnya akan memperkuat lembaga pendidikan di Indonesia.

Syafruddin menyatakan bahwa ke depan, salah satu negara tujuan untuk Pendidikan Kaderisasi Ulama Indonesia selain di Al-Azhar Kairo adalah di Akademi Al-Quran Sharjah.

Dalam sambutannya, Dr. Kholifah menyatakan kesiapannya untuk menjalin kerjasama dengan ASFA, dan akan memperluas kerjasama tersebut dengan Universitas Al-Qosimi yang berada di Sharjah.

Akademi Alquran merupakan tempat yang dibangun oleh Emir Sharjah, Syaikh Sultan Al-Qasimi yang menyajikan Alquran sejak zaman Rasulullah dan perkembangannya hingga saat ini.

Wasekjen MUI Dr. Ali Bahar yang turut dalam rombongan menyampaikan kekagumannya atas prestasi dan konten yang ada di Akademi Al-Quran. Menurutnya, banyak ilmu dan nilai-nilai yang harus dipelajari dan kemudian disampaikan kepada para santri, siswa dan masyarakat Indonesia tentang keagungan dan mukjizat Al-Quran.

Sekjen FPAG KH. Anang Rikza, MA., Ph.D juga menyatakan bahwa para kader pesantren harus dapat mengakses informasi sangat penting tentang Al-Quran yang ada di dalam Akademi dan museum ini.

Potensi yang sangat baik ini, menurutnya, sangat diperlukan untuk masyarakat Islam Indonesia, dan perlu diduplikasi nilai-nilainya di berbagai pondok pesantren di Indonesia.

Wakil Ketua Lazis ASFA KH. Anizar Masyhadi, M.A yang juga turut dalam rombongan menyatakan bahwa rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan kerjasama antara ASFA Foundation dan Akademi Al-Quran Al-Karim di Sharjah.

Kunjungan delegasi ASFA Foundation di Uni Emirat Arab dalam rangka penandatanganan MoU kerjasama pendidikan dengan Universitas Muhammad bin Zayed untuk pendidikan program jengan S1-S3 pada tanggal 1 Agustus 2024.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement