Kamis 01 Aug 2024 07:37 WIB

Copenhagen Ajak Wisatawan Nikmati Atraksi Ramah Lingkungan

Wisatawan diajak mendayung sambil memungut sampah di perairan.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Wisatawan menaiki paddleboard untuk menyusuri kanal di Copenhagen, Denmark.
Foto: Wonderfulcopenhagen.com
Wisatawan menaiki paddleboard untuk menyusuri kanal di Copenhagen, Denmark.

REPUBLIKA.CO.ID, COPENHAGEN -- Wisatawan yang mengunjungi Copenhagen musim panas tahun ini didorong berpartisipasi dalam kegiatan liburan yang tidak biasa, termasuk memungut sampah yang berada perairan di Ibu Kota Denmark itu. Mereka juga diajak bersepeda ke museum, bukannya menggunakan mobil atau melakukan kegiatan sukarela di taman-taman kota.

Aktivitas ini bagian dari proyek percobaan selama empat pekan yang disebut CopenPay. Wisatawan akan memberi penghargaan atas "aksi ramah iklim" mereka. "Kami harus mengubah pariwisata dari beban lingkungan menjadi kekuatan perubahan yang positif," kata CEO Dewan Pariwisata Wonderful Copenhagen Mikkel Aaro-Hansen, Rabu (31/7/2024).

Ia mengatakan, Wonderful Copenhagen ingin wisatawan menyadari pilihan ramah lingkungan mereka dan mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam kunjungan mereka. Salah satu dari lebih dari 20 atraksi yang berpartisipasi dalam proyek ini adalah organisasi non-profit GreenKayak yang menawarkan tur air.

Wisatawan dapat mendayung di perairan abad ke-17 Copenhagen dengan kayak berwarna hijau sambil memungut sampah di air. Mereka dapat mendayung selama dua jam gratis. Satu jalur pelayaran utama menuju ke Laut Baltik.