Kamis 01 Aug 2024 13:55 WIB

Konsumen Pilih Mobil Hybrid di GIIAS 2024, Ini Alasannya

Teknologi hybrid masih menjadi solusi relevan bagi masyarakat Indonesia

Rep: Hiru M/ Red: Partner
.
Foto: network /Hiru M
.

Innova Zenix menjadi primadona penjualan<a href= Toyota di GIIAS 2024.    dok TAM" />
Innova Zenix menjadi primadona penjualan Toyota di GIIAS 2024. dok TAM

MOTORESTO.ID,JAKARTA — Berakhirnya pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 menjadi catatan penting bagi penjualan kendaraan jenis hybrid di Tanah Air. GAIKINDO mencatat sepanjang tahun lalu penjualan kendaraan hybrid mencapai 54.179 unit atau 54 persen, lebih tinggi dari tahun 2022 yang hanya 10.344 atau 1.0 persen. Tahun ini, sampai bulan Juni penjualan mencapai 25.807 atau 6,3 persen.

PT. Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Dengan total SPK sebanyak 6.202 unit, penjualan Toyota didominasi oleh Kijang Innova sebagai mobil favorit keluarga Indonesia dengan SPK 1.968 unit atau 31 persen yang diikuti duo Avanza Veloz 1.395 unit atau 22 persen.

All New Kijang Innova Zenix HEV mencapai penjualan 75 persen dibanding versi gasoline kembali menjadi lokomotif penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) dengan SPK 1.305 unit. Secara total, raihan SPK xEV Toyota sebanyak 1.724 unit meningkat 37 persen dari total SPK xEV tahun lalu.

"Saat ini teknologi Hybrid masih menjadi opsi solusi mobilitas yang sangat relevan dan cocok digunakan di seluruh wilayah Indonesia," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan resminya, Kamis (1/8).

Suzuki XL 7 Hybrid di GIIAS 2024.     dok Suzuki
Suzuki XL 7 Hybrid di GIIAS 2024. dok Suzuki

Mobil hybrid memberikan alternatif mudah dalam hal adaptasi pemakaian, daya jelajah dan biaya kepemilikan guna mencapai tujuan reduksi emisi gas buang. Teknologi ini juga dinilai cocok untuk keberagaman lokasi maupun kondisi lingkungan penggunanya seperti di Indonesia.

Contoh perwujudan dukungan Suzuki kepada perkembangan isu tersebut dapat dilihat dari pengembangan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang memadukan mesin pembakaran internal (ICE) dengan Integrated Starter Generator (ISG) serta baterai Lithium-ion.

Angka memuaskan itu diketahui terdiri dari 3 model kontributor terbesar, dimulai dominasi New XL7 sebesar 32 persen atau sebanyak 551 unit. Jumlah tersebut juga termasuk varian terlaris seperti Ertiga hybrid dan Grand Vitara.

"Lini mobil baru Suzuki tetap dipercaya membawa value jangka panjang bagi berbagai keperluan. Kepercayaan tersebut dibuktikan dengan raihan penjualan lebih tinggi sebesar 12% dibanding tahun lalu," kata Randy R. Murdoko, Dept Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ الشَّيْطٰنُ لَمَّا قُضِيَ الْاَمْرُ اِنَّ اللّٰهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُّكُمْ فَاَخْلَفْتُكُمْۗ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُمْ مِّنْ سُلْطٰنٍ اِلَّآ اَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِيْ ۚفَلَا تَلُوْمُوْنِيْ وَلُوْمُوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ مَآ اَنَا۠ بِمُصْرِخِكُمْ وَمَآ اَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّۗ اِنِّيْ كَفَرْتُ بِمَآ اَشْرَكْتُمُوْنِ مِنْ قَبْلُ ۗاِنَّ الظّٰلِمِيْنَ لَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Dan setan berkata ketika perkara (hisab) telah diselesaikan, “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku tidak dapat menolongmu, dan kamu pun tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu.” Sungguh, orang yang zalim akan mendapat siksaan yang pedih.

(QS. Ibrahim ayat 22)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement