MOTORESTO.ID,JAKARTA — Berakhirnya pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 menjadi catatan penting bagi penjualan kendaraan jenis hybrid di Tanah Air. GAIKINDO mencatat sepanjang tahun lalu penjualan kendaraan hybrid mencapai 54.179 unit atau 54 persen, lebih tinggi dari tahun 2022 yang hanya 10.344 atau 1.0 persen. Tahun ini, sampai bulan Juni penjualan mencapai 25.807 atau 6,3 persen.
PT. Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Dengan total SPK sebanyak 6.202 unit, penjualan Toyota didominasi oleh Kijang Innova sebagai mobil favorit keluarga Indonesia dengan SPK 1.968 unit atau 31 persen yang diikuti duo Avanza Veloz 1.395 unit atau 22 persen.
All New Kijang Innova Zenix HEV mencapai penjualan 75 persen dibanding versi gasoline kembali menjadi lokomotif penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) dengan SPK 1.305 unit. Secara total, raihan SPK xEV Toyota sebanyak 1.724 unit meningkat 37 persen dari total SPK xEV tahun lalu.
"Saat ini teknologi Hybrid masih menjadi opsi solusi mobilitas yang sangat relevan dan cocok digunakan di seluruh wilayah Indonesia," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan resminya, Kamis (1/8).
Mobil hybrid memberikan alternatif mudah dalam hal adaptasi pemakaian, daya jelajah dan biaya kepemilikan guna mencapai tujuan reduksi emisi gas buang. Teknologi ini juga dinilai cocok untuk keberagaman lokasi maupun kondisi lingkungan penggunanya seperti di Indonesia.
Contoh perwujudan dukungan Suzuki kepada perkembangan isu tersebut dapat dilihat dari pengembangan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang memadukan mesin pembakaran internal (ICE) dengan Integrated Starter Generator (ISG) serta baterai Lithium-ion.
Angka memuaskan itu diketahui terdiri dari 3 model kontributor terbesar, dimulai dominasi New XL7 sebesar 32 persen atau sebanyak 551 unit. Jumlah tersebut juga termasuk varian terlaris seperti Ertiga hybrid dan Grand Vitara.
"Lini mobil baru Suzuki tetap dipercaya membawa value jangka panjang bagi berbagai keperluan. Kepercayaan tersebut dibuktikan dengan raihan penjualan lebih tinggi sebesar 12% dibanding tahun lalu," kata Randy R. Murdoko, Dept Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales.