Kamis 01 Aug 2024 16:02 WIB

Aktor Sonny Septian Alami Penyumbatan Pembuluh Darah, Ini Gejala dan Penyebabnya

Sony Septian dilaporkan sering mengeluhkan sakit kepala selama satu tahun terakhir.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan artis Fairuz A Rafiq (kiri) dan Sonny Septian (kanan). Aktor Sonny Septian divonis mengalami penyumbatan pembuluh darah.
Foto: Republika/Santi Sopia
Pasangan artis Fairuz A Rafiq (kiri) dan Sonny Septian (kanan). Aktor Sonny Septian divonis mengalami penyumbatan pembuluh darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Sonny Septian divonis mengalami penyumbatan pembuluh darah dan hingga saat ini masih dirawat di rumah sakit. Suami Fairuz A Rafiq ini dilaporkan sering mengeluhkan sakit kepala selama satu tahun terakhir.

Lantas apa itu penyumbatan pembuluh darah? Dilansir Mayo Clinic, Kamis (1/8/2024), penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis adalah jenis arteriosklerosis yang spesifik. Aterosklerosis adalah penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain di dalam dan pada dinding arteri. Penumpukan ini disebut plak.

Baca Juga

Plak dapat menyebabkan arteri menyempit sehingga menghalangi aliran darah. Plak juga dapat pecah, sehingga menyebabkan pembekuan darah. Meskipun aterosklerosis sering dianggap sebagai masalah jantung, aterosklerosis dapat mempengaruhi arteri di mana saja di dalam tubuh.

Gejala