Kamis 01 Aug 2024 20:49 WIB

Dukung Ibu Berikan ASI Esklusif, Suami Bisa Bantu Pijati Istri

Pemberian ASI eksklusif pada bayi sangat penting untuk menciptakan generasi emas selanjutnya.

Rep: Republika Kids/ Red: Partner
.
Foto: network /Republika Kids
.

Ibu menyusui. Para suami diminta untuk aktif mendukung istrinya memberikan ASI esklusif kepada bayi mereka. Sumber: Republika
Ibu menyusui. Para suami diminta untuk aktif mendukung istrinya memberikan ASI esklusif kepada bayi mereka. Sumber: Republika

KIDNEWS.ID -- Hai Kids... Para suami diimbau turut berperan aktif mendukung istrinya memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif kepada bayi mereka. Karena mengasihi menurut Spesialis Akupuntur Medik dr. Newanda Mochtar, Sp.Akp bukan hanya tugas ibu, tetapi juga tugas seorang ayah.

"Tema tahun ini adalah ‘Closing the Gap, Breastfeeding Support for All’. Artinya adalah semua harus berperan aktif mendukung ibu mengasihi. Terutama suami ya. Karena mengasihi bukan hanya tugas ibu," katanya dalam diskusi daring yang digelar Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro Jaya, Kamis (1/8/2024).

Dalam rangka Pekan Asi Sedunia 2024, Newanda menjelaskan, suami bisa mendukung dan membantu memperlancar ASI untuk bayinya dengan melakukan pijatan. Sebab, kata dia, pijatan suami terbukti secara medis mampu meningkatkan kadar hormon endorfin dan oksitosin pada istri. Kedua, hormon tersebut dapat membuat ibu menyusui merasa lebih bahagia dan dicintai sehingga memicu produksi ASI meningkat.

Newanda juga menekankan, pemberian ASI eksklusif pada bayi sangat penting untuk menciptakan generasi emas selanjutnya. Selain itu, ASI juga bisa membantu menurunkan angka stunting sehingga anak-anak di Indonesia dapat lebih sehat.

"'Antibody'-nya (yang terkandung dalam ASI) tinggi untuk anak. Jadi kalau kita bisa 'support', kenapa nggak?” kata Newanda.

Untuk membantu agar produksi ASI meningkat, suami bisa melakukan pijatan di area ujung kuku kelingking sebanyak 30 hitungan. "Lakukan sebanyak 3 hingga 4 kali sehari," kata Newanda.

Kemudian, pemijatan dari area leher hingga ke bahu juga dapat membantu meningkatkan ASI. Lalu pijat oksitosin di sekitar puting sebanyak 15 hingga 20 kali putaran juga bisa dilakukan.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement