Jumat 02 Aug 2024 16:28 WIB

Aljazair Punya Imane Khelif yang Kontroversial, Indonesia Dulu Ada Aprilia Manganang

Aprilia Manganang dinyatakan pria dan mengubah nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Petinju asal Aljazair Imane Khelif (25 tahun).
Foto: USA Today
Petinju asal Aljazair Imane Khelif (25 tahun).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olimpiade Paris 2024 menjadi sorotan dunia. Bukan sekadar hasil pertandingan, melainkan cerita-cerita unik dan kontroversial yang mengiringinya sejak upacara pembukaan. Terkini muncul kontroversi soal petinju Aljazair Imane Khelif.

Khelif tampil di Paris pada cabang tinju wanita kelas 66 kg. Yang menjadi sorotan ternyata Khelif pernah dilarang tampil di kejuaraan dunia tinju wanita karena dianggap memiliki hormon lelaki yang lebih dominan.

Baca Juga

Petinju Italia Angelina Carini menjadi korban pertamanya di PAris. Hanya bermain selama 46 detik, Carini kemudian menyerah tak mampu melanjutkan pertandingan. Dia mengaku kesakitan yang amat sangat di bagian hidung setelah mendapat sejumlah pukulan dari Khelif.

Kiprah Khelif di dunia olahraga mengingatkan kita akan atlet voli Indonesia, Aprilia Manganang.. Ia sebelumnya bermain untuk tim voli putri Indonesia dan pernah juga menghadapi protes dari negara tetangga. Sampai akhirnya setelah pensiun, Aprilia baru didiagnosis mengidap kelainan hipospadia, salah satu kondisi interseks, di mana terjadi kesulitan dalam mengidentifikasi gendernya.