Sabtu 03 Aug 2024 08:49 WIB

Ulang Tahun ke-8 Royal Riders Indonesia Jadi Event Akhiri Kepengurusan Nasional 2022

Hal ini merupakan bentuk apresiasi RoRI kepada komunitas motor di Indonesia.

Red: Ahmad Fikri Noor
Cak Lontong berada dalam barisan peserta Rolling Thunder 8Citing RoRI.
Foto: Royal Riders Indonesia
Cak Lontong berada dalam barisan peserta Rolling Thunder 8Citing RoRI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-8 tahun, Royal Riders Indonesia (RORI) pada Sabtu (27/7/2024) menyelenggarakan kegiatan bertajuk 8Citing RoRI dengan tema Tribute to Communities. Hal ini merupakan bentuk apresiasi RoRI kepada komunitas motor di Indonesia. Selain itu ajang yang berlokasi di CIBIS Park, Cilandak, Jakarta Selatan juga bagian dari aktualisasi atas kebersamaan dan saling dukung antar komunitas motor dalam beberapa kegiatan selama satu windu RORI berdiri.

RORI yang didirikan pada 16 Juli 2016 terbentuk atas inisiasi beberapa founder. Mereka menginginkan sebuah wadah untuk bernaung sesama pengguna sepeda motor merek Royal Enfield (RE) dengan ke-khas-an pada desainnya yang klasik. Kemudian ditindaklanjuti dengan riding bareng sesama pengguna RE di wilayah Jakarta. Hingga akhirnya berkembang dengan dilanjutkan dalam beberapa kegiatan yang konsisten. Gaung RORI sebagai komunitas pengguna sepeda motor yang bijak dan berdampak terdengar sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Saat ini, di tahun 2024 jumlah anggota aktif tercatat sebanyak 1.034 orang yang tersebar di 16 provinsi (terdiri atas 24 chapter dan sub chapter) sehingga menjadikan RORI sebagai salah satu komunitas motor terbesar di Indonesia.

Baca Juga

Sewindu bergerak dan melintas di seluruh wilayah Indonesia, RORI telah menebar manfaat dengan selalu melibatkan sektor pariwisata, budaya serta berkontribusi atas pertumbuhan perekonomian daerah. Selain itu juga RoRI konsisten melaksanakan beberapa program charity sebagai bentuk kepedulian sosial. Bahkan hal tersebut dilakukan juga dengan menggalang untuk dukungan yang tidak hanya dari internal anggota tetapi juga dari komunitas serta organisasi lain.

Sebagai contoh aktualisasi ini tertuang dalam kegiatan tahunan yaitu Rock n Ride pada Februari 2024. Pelaksanaannya dipilih Desa Wisata Kopeng, Jawa Tengah dan dihadiri oleh anggota seluruh Indonesia. Di sini RoRI melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan penggiat budaya di wilayah tersebut. Begitu juga yang dilakukan RORI Jakarta Chapter pada Juni 2024 melalui charity program atas musibah di Sumatra Barat dengan menggandeng Sekolah Relawan sebagai bentuk kepedulian sosial dan kolaborasi.

8Citing Royal Riders Indonesia

Pada 27 Juli 2024 di Cibis Park, Cilandak, Jakarta Selatan RORI melakukan perhelatan ulang tahun yang ke-8. Ajang ini merupakan bentuk kebersamaan dan kekeluargaan keluarga besar RoRI. Tidak cukup hanya di internal saja, RoRI pun mengundang berbagai komunitas dan klub motor yang ada. Pemilihan kota Jakarta sebagai tuan rumah pada ulang tahun kali ini dimaknai atas angka 8 yang melambangkan kebersinambungan dan Jakarta sendiri sebagai Mother Chapter menjadi titik awal kembali untuk membesarkan RoRI melalui kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat untuk masyarakat. Kegiatan besar ini pun sejalan dengan visi RoRI yaitu sebagai wadah silahturahmi bagi pengguna sepeda motor Royal Enfield di Indonesia yang dapat memberikan kontribusi positif kepada lingkungan khususnya komunitas pengguna motor besar di Indonesia.

Presiden Royal Riders Indonesia periode 2022-2024, Adnan Maddanatja menyampaikan perayaan ulang tahun ke-8 ini merupakan event terbesar dan termegah yang pernah RoRI selenggarakan. Hal itu dapat dilihat dari pemilihan venue hingga dapat menghadirkan grup band Tipe-X.

“Ini adalah kegiatan ulang tahun ke-8 di mana merupakan event terbesar dan termegah yang pernah RoRI selenggarakan. Salah satu indikatornya adalah dengan pemilihan venue dan artis yang dapat menghadirkan grup band Tipe-X. Dalam merealisasiakn tema Tribute to Communities kami dapat mendatangkan sebanyak lebih dari 60 komunitas dan klub di Jabodetabek. Acara tersebut kami atur semenarik, semeriah, dan se-memorable mungkin. Apa yang dilakukan ini merupakan event terakhir kami di penghujung masa kepengurusan nasional sehingga bersama-sama membuat yang terbaik lagi setelah dua tahun berlalu mengembangkan kuantitas, kualitas dan tentunya keguyuban,” ungkap Adnan melalui keterangan tertulis, Sabtu (3/8/2024).

Pria yang khas dengan rambut gondrong dan sepeda motor RE Classic 500 berwarna ijo ini tidak lupa mengucapkan syukur atas antusiasme yang baik dari member RoRI. Dari 16 chapter (tingkat provinsi) dapat data sebanyak 14. Ucapan tersebut pun ditujukan atas kehadiran para biker/undangan serta pihak sponsor yang juga telah menyempatkan menyaksikan secara langsung gelaran 8Citing RoRI.

Dalam pelaksanaannya perayaan ulang tahun ke-8 ini diawali dengan Rolling Thunder dari Monumen Gedung Joang 45 dan berakhir di CIBIS Park, Cilandak, Jakarta Selatan. Saat memasuki venue peserta disambut dengan tarian tradisional Betawi dan dilanjutkan dengan kegiatan yang didesain bernuansa pesta rakyat. Adapun salah satu yang disuguhkan adalah beragam kuliner khas Betawi seperti Kerak Telur, Selendang Mayang, Gulali, Kue Cubit, Kue Pancong, Putu Mayang, Es Goyang dan Bir pletok. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Penetapan Presiden RoRI untuk periode 2024-2026 yang terpilih melalui Pemilu di bulan Juni 2024.

Ketua Panitia 8Citing RoRI, Didik B. Santoso menyampaikan kegiatan yang dinahkodai olehnya adalah titik sejarah untuk RoRI sebagai komunitas motor terbesar di Indonesia. Dirinya pun tidak lupa mengucapkan terima kasih atas respect dari komunitas motor yang telah hadir dan sponsor yang turut mensukseskan kegiatan peryaaan ulang tahun RoRI seperti Royal Enfield, Kopi Kapal Api, dan Bank BRI.

“Ulang tahun yang ke-8 RoRI adalah titik sejarah untuk Royal Riders Indonesia sebagai komunitas motor terbesar di Indonesia. Kami juga sangat respect terhadap komunitas dan klub motor yang turut hadir dan memeriahkan event kami. Pada kesempatan ini, kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada komunitas dan klub motor yang hadir yang tidak bisa kami salami satu persatu. Besar harapan semua komunitas dan klub motor makin solid dan menjadi role model bagi masyarakat dalam berkendara yang baik dan memebarkan manfaat. Teruntuk para partner yang sudah mendukung dan berkontirbusi atas berlangsungnya event kemarin: Royal Enfield, Kapal Api dan BRI kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.” ungkap Bro Didik.

Sesuai dengan tema Tribute to Communities pada event kali ini RoRI turut mengundang lebih dari 60 komunitas dan klub motor yang juga diberikan kepada mereka plakat RORI’s Tribute to Communities sebagai bentuk apresiasi atas kebersamaan selama 8 tahun RORI berdiri. Pada puncak acara, sebagai bentuk persembahan kepada seluruh komunitas yang hadir ditampilkan band Tipe-X legendaris dengan lagu-lagunya yang beraliran SKA.

Dengan adanya kemegahan dan kemeriahan gelaran 8Citing RoRI yang merupakan kegiatan penutup masa kepengurusan nasional RoRI periode 2022-2024, Adnan Maddanatja pun berdoa agar RoRI terus menjadi media pererat silaturahmi sesama pengguna sepeda motor Royal Enfield dan bikers pada umumnya. Serta mendoakan agar kepengurusan baru yakni untuk periode 2024-2026 dapat meraih kesuksesan dan mengemban Amanah sebaik-baiknya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement