Sabtu 03 Aug 2024 09:44 WIB

Belum Ada Masjid di IKN, PUPR Siapkan Mushala Sementara

Menurut Basuki, saat ini belum terbangun masjid di kawasan IKN.

Red: Ahmad Fikri Noor
Suasana bangunan rumah tapak jabatan menteri di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (30/7/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Suasana bangunan rumah tapak jabatan menteri di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (30/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan terdapat mushala sementara yang disiapkan di tempat-tempat hunian dalam rangka mendukung perayaan HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Basuki mengatakan bahwa untuk mushala baru terdapat di Hunian Pekerja Konstruksi IKN.

"Untuk mushala yang kita punya baru di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), tapi yang di tempat-tempat hunian kita siapkan mushala sementara," katanya di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Baca Juga

Menurut Basuki, saat ini belum terbangun masjid di kawasan IKN. Terkait akomodasi penginapan untuk mendukung perayaan HUT RI, dirinya menyampaikan sejumlah infrastruktur perumahan seperti rumah susun ASN, Hotel Nusantara sampai dengan gedung-gedung Kementerian Koordinator dimanfaatkan sebagai akomodasi bagi para tamu undangan.

"Gedung-gedung Kemenko itu juga kita manfaatkan untuk tamu-tamu," kata Basuki.

Sebagai informasi, sejumlah infrastruktur mulai dari Istana Negara, Istana Garuda, hingga Gedung Kemenko di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, siap difungsikan untuk Upacara 17 Agustus 2024. Area Istana Negara, lapangan upacara, hingga podium sudah dapat digunakan untuk Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di IKN.

Saat ini Istana Negara yang letaknya berada di depan Istana Garuda akan dilengkapi dengan furnitur seperti meja, kursi, lukisan, dan lampu-lampu yang ditangani oleh Kementerian Sekretariat Negara. Sementara itu, progres finishing di Istana Garuda juga sudah mencapai 99 persen, dan saat ini dalam pemasangan loose furniture yang seluruhnya sudah berada di IKN. Khusus untuk upacara, ada tujuh tower yang akan berfungsi sebagai tempat ASN di sekitar lapangan upacara yang berada di area Sumbu Kebangsaan.

Selain itu, Taman Kusuma Bangsa yang berada di kawasan Beranda Nusantara akan dilangsungkan renungan suci untuk pertama kalinya di IKN pada tanggal 16 Agustus 2024 malam hari.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement