Ahad 04 Aug 2024 13:56 WIB

Suho EXO Unggah Foto Burger McDonald’s, Penggemar Kecewa

Padahal sebelumnya Suho EXO terang-terangan berdonasi untuk Gaza, Palestina.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Suho EXO. Para penggemar EXO, khususnya Suho, dibuat kecewa dan marah setelah sang idola mengunggah foto yang terkait dengan McDonalds.
Foto: EPA
Suho EXO. Para penggemar EXO, khususnya Suho, dibuat kecewa dan marah setelah sang idola mengunggah foto yang terkait dengan McDonalds.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para penggemar EXO, khususnya Suho, dibuat kecewa dan marah setelah sang idola mengunggah foto yang terkait dengan McDonald’s. Banyak penggemar menilai restoran cepat saji tersebut sebagai pendukung genosida Israel terhadap Palestina.

Baca Juga

Pada 2 Agustus, seorang penggemar mengunggah foto Suho di media sosial setelah melihatnya berada di sebuah gerai McDonald’s. Lalu pada hari yang sama, penyanyi ini menggunakan Bubble (aplikasi komunikasi dengan penggemar) dan membagikan foto burger dari McDonald’s.

Suho juga secara eksplisit menyebutkan nama merek tersebut, dan mengatakan bahwa ini adalah kali pertamanya dia menyantap burger dari McDonald’s dalam 1,5 tahun terakhir.

“Saya makan McDonald’s untuk pertama kalinya dalam satu setengah tahun. Terakhir kali makan ini adalah setahun lebih yang lalu di Gyeongju,” kata Suho di aplikasi Bubble, seperti dilansir Koreaboo, Ahad (4/8/2024).

Unggahan Suho ini membuat banyak penggemarnya kecewa karena McDonald's merupakan salah satu merek yang menjadi target boikot dari gerakan BDS (Boikot, Divestasi dan Sanksi). Setelah Israel melancarkan serangan mematikan terhadap warga sipil di Jalur Gaza, yang diakui oleh Mahkamah Internasional sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan, McDonald's mulai menyumbangkan makanan gratis kepada tentara Israel.

Kekecewaan penggemar juga semakin besar karena Suho termasuk idol K-pop yang kerap bersuara terkait isu Palestina. Sebelumnya, leader grup EXO tersebut berpartisipasi dalam penggalangan dana yang ditujukan untuk anak-anak di Gaza, Palestina.

“Padahal sebelumnya pernah terang-terangan bersuara tentang kemanusiaan, tapi kenapa kamu malah makan mukidi. Please guys keep boycotting, stop ikutin kegiatan dia apalagi kalau mau konser di Indonesia,” demikian cicitan seorang penggemar di akun @tanyaka***.

“Walaupun kalian selama ini udah donasi terang-terangan ke Palestina, maaf tapi gue sebagai fans enggak membenarkan aksi kalian. Terpaksa kalian semua juga harus gue boikot,” kata penggemar lainnya di X.

“Suho, kamu leader loh padahal. Kamu terang-terangan donasi ke Palestina, kok sekarang kamu gini? Aku yakin kamu tahu kalau McD dukung genosida,” kata akun @peachi** di X.

Boikot terhadap McDonald's meningkat secara global. Aksi boikot terjadi setelah McDonald’s memberikan makanan gratis kepada tentara Israel setelah serangan 7 Oktober 2023.  

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement