Ahad 04 Aug 2024 15:25 WIB

Red: Sadly Rachman

Komunitas Muslim di Amsterdam Semakin Besar

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Berdiri sejak 1975, Persatuan Pemuda Muslim se-Eropa (PPME) di Masjid Al Ikhlas Amsterdam memperkenalkan lima dasar yang menjadi identitas muslim Indonesia di Belanda yaitu memiliki hati yang hangat, penuh semangat, bekerja sama, dinamis, dan berintelektual.

Ketua Umum PPME Amsterdam, Hasanul Hasibuan mengatakan selain tempat beribadah dan dakwah, Masjid Al ikhlas bersama PPME Amsterdam pun menggelar kegiatan edukasi bagi anak-anak, seperti belajar Alquran dalam berbagai kelas sesuai dengan kelompok usia.

Menurut Biro Stasistik Pusat, sebuah syarikat kerjaan, Belanda yang masuk dalam daftar negara Eropa dengan penduduk Muslim sebanyak 1.010.721 jiwa.

Jumlah tersebut setara dengan 5,8 persen dari 17.426.219 orang pada 2020. Komunitas Islam di Belanda terkonsentrasi di Amsterdam, Den Haag, Rotterdam, dan Utrecht.
Jumlah tersebut dapat dirasakan pada saat shalat Idul Fitri pada 2023 lalu yang pelaksanaannya dilakukan hingga tiga gelombang di Masjid Al Ikhlas Amsterdam.

 

 

Videografer & Editor: Sadly Rachman