Ahad 04 Aug 2024 15:36 WIB

KKI, Wadah UMKM Naik Kelas 

BI menyediakan ruang bagi UMKM untuk memasarkan produknya.

Red: Friska Yolandha
Salah satu stan UMKM di pagelaran FEKDI X KKI 2024 di Hall A, JCC Senayan
Foto: Dok Republika
Salah satu stan UMKM di pagelaran FEKDI X KKI 2024 di Hall A, JCC Senayan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) menaruh komitmen penuh terhadap kemajuan UMKM. Hal ini selaras dengan tugas BI yang tak hanya menjaga stabilitas moneter, melainkan juga mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. 

Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Anastuty K mengatakan, komitmen tersebut tergambar jelas dalam penyelenggaraan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) x Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 1 Agustus hingga 4 Agustus 2024.

Baca Juga

Dalam event ini, BI menyediakan ruang bagi UMKM untuk memasarkan produk sekaligus menjaring potensi kerja sama dengan para buyer hingga lembaga pembiayaan. Anastuty menyebut UMKM pantas mendapat tempat mengingat kontribusinya yang besar dalam ekonomi Indonesia dan juga sektor usaha yang paling banyak menggunakan sistem pembayaran digital seperti QRIS.

"Yang menarik, KKI kali ini banyak sekali pengunjungnya muda-muda, ini menjadi peluang bagi UMKM untuk memperluas pasarnya kepada UMKM yang milenial dan Gen Z," ujar Anastuty dalam acara Taklimat Media membahas Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (3/8/2024).