Ahad 04 Aug 2024 15:36 WIB

KKI, Wadah UMKM Naik Kelas 

BI menyediakan ruang bagi UMKM untuk memasarkan produknya.

Red: Friska Yolandha
Salah satu stan UMKM di pagelaran FEKDI X KKI 2024 di Hall A, JCC Senayan
Foto:

 

UMKM Go Global di KKI 2024

Pemilik Nirmala Songket, Rusmala mengatakan peran besar BI dalam meningkatkan usahanya. Nirmala Songket yang merupakan UMKM Wastra Binaan BI Provinsi Sumatra Selatan ini bahkan pernah Pernah berkolaborasi bersama Nila Baharuddin pada 2019 di London Fashion Week.

Rusmala mengaku bersyukur bisa didampingi figur berkompeten dari BI dan mendapat masukan terkait produk. Rusmala menyampaikan inovasi songket dari Palembang dengan ciri menggunakan benang emas dan pewarna alami pun tak lepas dari dukungan BI. Keunggulan dari Songket Nirmala terletak pada desain yang lebih kasual dan modern serta menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan. 

"Kita akhirnya bisa berinovasi agar produk songket Palembang bisa menyediakan dengan selera pasar yang lebih luas. Jadi tidak hanya untuk segmen tertentu yang buat acara tertentu, tapi bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari juga," kata Rusmala.

Sementara itu, Yafeth Wetipo mengaku tak pernah bermimpi dapat menjual produk kopi ke luar Papua, apalagi luar negeri. Keterbatasan infrastruktur hingga jauhnya akses pasar membuat dirinya pesimistis hal ini bisa terealisasi suatu hari nanti.