Ahad 04 Aug 2024 15:40 WIB

Soal Akses Perbankan, Mensesneg Pratikno Cerita Baru Punya Rekening Saat Kuliah

Pratikno gambarkan akses masyarakat terhadap perbankan pernah sangat rendah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Friska Yolandha
Friderica Widyasari Dewi, Mahendra Siregar, Mensesneg Pratikno, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto dalam kick off EKI di Bojonegoro, Sabtu (3/8/2024).
Foto: Rizky Suryarandika/Republika
Friderica Widyasari Dewi, Mahendra Siregar, Mensesneg Pratikno, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto dalam kick off EKI di Bojonegoro, Sabtu (3/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan dirinya baru memiliki rekening bank saat akan kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM). Lewat cerita itu, Pratikno ingin menggambarkan akses masyarakat terhadap perbankan pernah serendah itu. 

Hal itu disampaikan Pratikno saat menghadiri kick off ekosistem keuangan inklusif (EKI) yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Desa Dolokgede, Bojonegoro, Jawa Timur pada Sabtu (3/8/2024). Program EKI ditujukan agar meningkatkan akses keuangan masyarakat khususnya di perdesaan. 

Baca Juga

"Saya ingat waktu sekolah dulu, kenal dengan bank pertama kali masuk kuliah baru kenal rekening," kata Pratikno dalam kegiatan itu. 

Pratikno menyebut program EKI berdampak positif bagi masyarakat. Salah satunya kini anak usia taman kanak-kanak (TK) sudah memiliki buku rekening. Hal ini menurutnya berbeda jauh dari kondisinya saat sekolah yang tak memiliki rekening.