Ahad 04 Aug 2024 19:46 WIB

Pakar Ungkap 4 Pilar Utama Capai Gizi Seimbang Anak

Asupan gizi seimbang dinilai sangat krusial bagi pertumbuhan anak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Ibu menyuapi anak dengan gizi seimbang (ilustrasi).
Foto: Mgrol100
Ibu menyuapi anak dengan gizi seimbang (ilustrasi).

REPBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli gizi dari Universitas Airlangga, Lailatul Muniroh, mengatakan asupan gizi seimbang pada anak sangat penting. Menurutnya, asupan gizi seimbang sangat krusial bagi pertumbuhan fisik, perkembangan tulang, otot, dan organ tubuh yang optimal.

Ini juga penting untuk perkembangan otak, meningkatkan imunitas dan memenuhi energi anak untuk beraktivitas sehari-hari. “Gizi seimbang sejak dini juga membantu membentuk kebiasaan pola makan sehat, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki performa akademik anak,” kata Lailatul dalam keterangan tertulis, dikutip pada Ahad (4/8/2024).

Baca Juga

Lailatul menyoroti empat pilar utama yang perlu diperhatikan untuk mencapai gizi seimbang. Keempat pilar ini, menurut dia, saling berkaitan dan penting untuk diterapkan. Dengan demikian, anak-anak akan memperoleh manfaat maksimal dari asupan gizi yang mereka konsumsi.

Pilar pertama, anak harus mengonsumsi aneka ragam makanan yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang seimbang, sehingga tubuh mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkan. Lalu pilar kedua, lanjut Lailatul, adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.