Ahad 04 Aug 2024 21:28 WIB

Jangan Ditiru: Perjalanan Ibnu Al-Rawandi, Intelektual Islam yang Bangga Jadi Ateis

Ibnu Al-Rawandi menggeluti pemikiran Mu'tazilah

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Sahabat Nabi. Ibnu Al-Rawandi menggeluti pemikiran Mu'tazilah
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi. Ibnu Al-Rawandi menggeluti pemikiran Mu'tazilah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perjalanan intelektual Ibnu al-Rawandi ini patut menjadi bahan peringatan umat Islam, akan bahayanya mengagungkan akal tanpa diimbangi dengan ketajaman spiritual.

Dia "selalu menyebut dirinya sendiri: “Ketahuilah bahwa saya adalah seorang ateis"! Ini adalah deskripsi dari Ahmad ibn Yahya al-Rawandi (wafat sekitar tahun 298 H/912 M), salah satu "ateis" yang paling terkenal di sepanjang sejarah Islam.

Baca Juga

Al-Khayyat tidak menjelaskan kepada kita mengapa Ibn al-Rawandi mengakui ateisme yang dituduhkan kepadanya, yang membuatnya terancam pengusiran dan bahaya besar, sehingga Imam Ibn Aqil al-Hanbali (wafat tahun 513 H/ 1124 M) merasa heran karena ia lolos dari hukuman Sultan, padahal ia telah melakukan hal yang sangat keji, ia berkata, "Heran saya! Bagaimana dia tidak dibunuh?"

Ibn al-Rawandi mendobrak seluruh paradigma Islam dengan menuduh adanya kekeliruan dalam Alquran dan menulis karya-karya yang digambarkan oleh para ulama sebagai "terkutuk", meskipun faktanya ia tumbuh di salah satu inkubator "rasionalitas", yaitu gerakan Mu'tazilah. Ia salah satu dari mereka dan dididik oleh mereka hingga perbedaan antara dirinya dengan para pemimpin "organisasi" tersebut berkobar dan ia diusir dari sana untuk selamanya.

Namun, tampaknya ketenaran Ibn al-Rawandi bukan hanya karena ide-idenya, tetapi juga keberaniannya untuk menyatakan ide-ide tersebut dalam koridor budaya, dewan intelektual dan dalam kode-kode perdebatan verbal, yang membuat teks dan pendapatnya menjadi subjek perdebatan verbal dan faktual yang paling kuat dalam sejarah intelektual Islam.

Tampaknya pengucilan organisasi dan fitnah sosial yang diterima Ibn al-Rawandi dari rekan-rekannya sesama Mu'tazilah meningkatkan ekstremisme dalam posisinya sampai ia menjadi "kritikus bayaran."

Berdasarkan apa yang telah kita dengar tentangnya, ia menawarkan jasa kognitifnya kepada mereka yang membayar untuk itu, dan mulai menulis buku-buku untuk sekte manapun yang ingin mencemarkan nama baik lawan-lawannya, seperti yang dikatakan bahwa ia menulis buku-buku untuk menanggapi doktrin-doktrin Islam dan menjualnya kepada orang-orang non-Muslim yang memintanya, dan di sini Ibn al-Rawandi lebih terlihat seperti seorang pembalas dendam ketimbang kritikus atau seorang intelektual!

Pengenalan "pengucilan organisasi" Mu'tazilah dari Ibn al-Rawandi mungkin tidak cukup untuk memahami posisi "ateis "nya seperti yang disajikan, tetapi ini mengungkapkan untuk memahami mengapa Ibn al-Rawandi menjadi begitu ekstrim dalam sikap anti-Islamnya sampai-sampai mengumumkannya di ranah publik, tetapi kami mengatakan ini mengungkapkan karena merupakan sifat dari organisasi-organisasi keagamaan faksional untuk membawa sebagian besar konflik internalnya ke dalam bentuk yang eksplosif, karena masuknya dan keanggotaan tidaklah mudah dan perbedaan pendapat sering kali keras dan vokal, dan dengan kaum Mu'tazilah, kondisi dan sifat ini semakin meningkat dan tingkat konflik serta perpecahan semakin memanas.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement