Senin 05 Aug 2024 09:00 WIB

Garda Revolusi Iran Berikan Bocoran Skenario Serangan ke Israel, Lantas Kapan Dieksekusi?

Iran berjanji membalas kematian Ismail Haniyeh

Red: Nashih Nashrullah
Warga Palestina mengenakan syal dan ikat kepala Hamas saat memprotes pembunuhan Ismail Haniyeh, di kota Nablus, Tepi Barat, Rabu, 31 Juli 2024.
Foto:

Para pemimpin Hizbullah Iran dan Lebanon telah bersumpah untuk membalas dendam terhadap Israel menyusul pembunuhan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dan pembunuhan komandan Hizbullah Fouad Shukr dalam sebuah serangan di pinggiran selatan Beirut.

Lantas kapankah serangan balasan itu akan terjadi? Sejumlah prediksi pun muncul. Mengutip Axios, Sumber-sumber Amerika Serikat dan Israel memperkirakan Iran akan melakukan serangan terhadap Israel mulai Senin (4/8/2024) besok, bertepatan dengan kunjungan komandan militer Amerika Serikat ke wilayah tersebut untuk menggalang koalisi pertahanan Israel, demikian menurut Axios.

Axios melaporkan bahwa tiga pejabat Amerika Serikat dan Israel mengatakan bahwa mereka memperkirakan Iran akan segera menyerang Israel, mungkin paling cepat besok, Senin.

Dia mencatat bahwa pemerintah Amerika Serikat memperkirakan respons Iran akan serupa dengan serangan yang dilakukan oleh Teheran yang menargetkan Israel dengan rudal dan pawai pada tanggal 13 April, tetapi mungkin akan lebih besar cakupannya dan dapat mencakup operasi dari Hizbullah di Lebanon.