Senin 05 Aug 2024 09:51 WIB

Badan POM Apresiasi Produsen Obat Bahan Alam melalui Penguatan Kemandirian Farmasi

Program ini melibatkan enam industri kosmetik dan delapan industri obat bahan alam.

Red: Fernan Rahadi
Penandatanganan Program Orang Tua Angkat UMKM Obat Bahan Alam dan Kosmetik di acara Indonesia Wellness Festival (Wellfest) 2024, di Mall Central Park, Jakarta, 2 Agustus 2024.
Foto: dokpri
Penandatanganan Program Orang Tua Angkat UMKM Obat Bahan Alam dan Kosmetik di acara Indonesia Wellness Festival (Wellfest) 2024, di Mall Central Park, Jakarta, 2 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dexa Group dan sejumlah industri Obat Bahan Alam (OBA) lainnya mendapatkan apresiasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk menjadi orang tua angkat yang dapat memberikan edukasi dan pelatihan untuk pengembangan OBA bagi produsen UMKM. Upaya ini diyakini dapat memperkuat percepatan kemandirian farmasi di Indonesia.  

Penandatanganan Program Orang Tua Angkat UMKM Obat Bahan Alam dan Kosmetik digelar di acara Indonesia Wellness Festival (Wellfest) 2024, di Mall Central Park, Jakarta, pada 2 Agustus 2024. Dari Dexa Group, komitmen tersebut ditandatangani oleh Business Development and Scientific Affairs Director Dexa Group Prof Raymond Tjandrawinata yang disaksikan Plt Kepala Badan POM Rizka Andalucia. 

Rizka mengatakan program ini melibatkan enam industri kosmetik dan delapan industri obat bahan alam yang berkomitmen sebagai orang tua angkat bagi UMKM obat bahan alam dan kosmetik. Melalui program ini, industri obat bahan alam dan kosmetik memberikan pendampingan kepada UMKM dalam hal peningkatan pengetahuan terkait perizinan, standar sarana, dan mutu produk, teknologi, hingga pemasaran, sehingga UMKM mampu memenuhi ketentuan dan dapat berkembang lebih cepat serta berdaya saing tinggi.

Menurut Prof Raymond, dengan penandatanganan komitmen tersebut ke depannya Dexa Group akan memberikan dukungan berupa edukasi dan sharing knowledge kepada produsen UMKM yang memproduksi obat bahan alam.