Senin 05 Aug 2024 14:17 WIB

Program Makan Bergizi Gratis di SDN 4 Kota Tangerang, Gibran: Enak Gak?

Wapres Terpilih Gibran memastikan, alokasi makan bergizi gratis Rp 15 ribu per siswa.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN 4  Kota Tangerang, Banten, Senin (5/8/2024). Uji coba MBG tersebut bertujuan mematangkan strategi dan mitigasi program unggulan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029. Adapun paket menu yang disediakan hari ini adalah Nasi Putih, Fuyunghai, Capcay, Melon dan Susu.
Foto: Republika/Prayogi
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN 4 Kota Tangerang, Banten, Senin (5/8/2024). Uji coba MBG tersebut bertujuan mematangkan strategi dan mitigasi program unggulan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029. Adapun paket menu yang disediakan hari ini adalah Nasi Putih, Fuyunghai, Capcay, Melon dan Susu.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wakil Presiden (Wapres) Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan, biaya makan bergizi gratis di Kota Tangerang, ditetapkan Rp 15 ribu per siswa. Menurut dia, menu makan yang disajikan dalam program makan bergizi gratis di Kota Tangerang hari ini, sudah sesuai dengan harapan.

"Untuk biaya Rp 15 ribu. Tapi biaya di setiap daerah pasti berbeda. Intinya adalah kebutuhan nutrisi di setiap makanan terpenuhi," kata Gibran usai melakukan pantauan di SDN 4 Kota Tangerang, Banten, Senin (5/8/2024). 

Dari hasil pantauan uji coba di Sentul, Kabupaten Bogor; Kota Surabaya dan Solo, serta sekarang di Kota Tangerang, menu makan telah memenuhi masukan dari para ahli gizi maupun pemerhati lingkungan. Masukan dari para ahli gizi, menurut Gibran, pemberian makan dan susu agar diberikan jeda atau tidak bersamaan.

"Susu diberikan pada istirahat jam pertama, sedangkan makan nasi saat istirahat kedua," kata mantan wali kota Solo tersebut. Kemudian, masukan dari pemerhati lingkungan juga sudah ditindak lanjuti, yakni terkait penggunaan kemasan makanan yang dibawa para siswa.

"Jadi para siswa membawa tempat makan yang bisa dicuci, sehingga menghindari penggunaan plastik," ujar Gibran.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, pelaksanaan uji coba program makan bergizi gratis dilaksanakan pada 5-9 Agustus 2024. Dia menjelaskan, program tersebut sejalan dengan visi misi Pemkot Tangerang untuk mewujudkan masyarakat Kota Tangerang yang sehat dan cerdas.

Uji coba di 36 sekolah...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement