Senin 05 Aug 2024 14:44 WIB

Begini Kronologi Kerusuhan Anti-Islam di Inggris, Dimulai Penyerangan Masjid

Paham sayap kanan garis keras meluas.

Red: Fitriyan Zamzami
Bentrokan antara petugas Kepolisian dengan massa aksi saat aksi demonstrasi anti-imigrasi di area Holiday Inn Express di Rotherham, Inggris, Ahad (4/8/2024).
Foto: Danny Lawson/PA via AP
Bentrokan antara petugas Kepolisian dengan massa aksi saat aksi demonstrasi anti-imigrasi di area Holiday Inn Express di Rotherham, Inggris, Ahad (4/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kerusuhan disertai kekerasan terkait aksi anti-Islam dan antiimgran meluas di seantero Inggris dalam beberapa hari terakhir, dan memuncak pada Sabtu dan Ahad kemarin.  Bagaimana mula kejadian tersebut?

Dilansir the New York Times, kekerasan tersebut dipicu oleh disinformasi online dan kelompok ekstremis sayap kanan yang bermaksud menciptakan kekacauan setelah serangan pisau yang mematikan di sebuah acara anak-anak di barat laut Inggris, kata para ahli.

Baca Juga

Sejumlah faksi dan individu sayap kanan, termasuk neo-Nazi, penggemar sepak bola yang melakukan kekerasan, dan aktivis anti-Muslim, telah mempromosikan dan mengambil bagian dalam kerusuhan tersebut, yang juga dipicu oleh influencer online.

Perdana Menteri Keir Starmer telah berjanji untuk mengerahkan petugas polisi tambahan untuk menindak kekacauan tersebut. “Ini bukanlah protes yang lepas kendali,” katanya pada hari Kamis. “Ini adalah sekelompok individu yang sangat cenderung melakukan kekerasan.”

Kerusuhan pertama terjadi pada Selasa malam di Southport, sebuah kota di barat laut Inggris, setelah serangan penikaman mematikan pada hari sebelumnya di kelas tari dan yoga anak-anak. Tiga anak perempuan meninggal karena luka-luka mereka, dan delapan anak-anak lainnya serta dua orang dewasa terluka.

Tersangka, Axel Rudakubana (17 tahun), lahir di Inggris, namun beberapa jam setelah serangan tersebut, disinformasi mengenai identitasnya – termasuk klaim palsu bahwa ia adalah seorang migran tidak berdokumen – menyebar dengan cepat secara online. Aktivis sayap kanan menggunakan aplikasi perpesanan termasuk Telegram dan X untuk mendesak masyarakat turun ke jalan.

Lebih dari 200 orang turun ke Southport pada Selasa malam, banyak di antaranya bepergian dengan kereta api dari tempat lain di Inggris, kata polisi. Para perusuh menyerang sebuah masjid, melukai lebih dari 50 petugas polisi dan membakar kendaraan.

Pada Rabu malam, demonstrasi sayap kanan lainnya menyebabkan bentrokan dengan polisi di pusat kota London, yang menyebabkan lebih dari 100 penangkapan. Kekacauan yang lebih terbatas terjadi di Hartlepool, di timur laut Inggris; di kota Manchester; dan di Aldershot, sebuah kota di tenggara London.

Pada Jumat malam, Polisi Northumbria mengatakan petugasnya “menjadi sasaran kekerasan serius” ketika demonstran sayap kanan membakar dan menyerang petugas di Sunderland, sebuah kota di timur laut.

Hari Sabtu memicu protes yang disertai kekerasan di kota-kota termasuk Hull, Leeds, Manchester, Nottingham dan Stoke-on-Trent, serta Belfast, Irlandia Utara. Di Liverpool, polisi mengatakan lebih dari 300 orang terlibat dalam “kekacauan dengan kekerasan” pada Sabtu malam, dengan penjarahan tempat usaha dan dua petugas dirawat di rumah sakit.

Ketua Dewan Kepala Kepolisian Nasional, Gavin Stephens, mengatakan kepada Radio BBC pada hari Jumat bahwa petugas tambahan akan berada di jalan-jalan Inggris dan polisi akan mengambil pelajaran dari kerusuhan London tahun 2011.

“Kami akan memiliki peningkatan kapasitas dalam intelijen kami, dalam pengarahan kami dan dalam sumber daya yang tersedia di komunitas lokal,” katanya. Organisasi tersebut mengatakan bahwa hampir 4.000 petugas tambahan telah dikerahkan untuk mencegah kekerasan.

Siapa dibalik kerusuhan... baca halaman selanjutnya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement