Senin 05 Aug 2024 15:39 WIB

Dua Kali, Inggris Hampir Jadi Kerajaan Islam

Raja Charles III juga menunjukkan penghargaan pada agama Islam.

Red: Fitriyan Zamzami
Raja Henry II. Raja ini sempat mengancam akan menjadikan Inggris kerajaan Islam.
Foto: Public Domains
Raja Henry II. Raja ini sempat mengancam akan menjadikan Inggris kerajaan Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Kerusuhan akhir pekan lalu memunculkan kembali sorotan terhadap hubungan negara tersebut dengan Muslim. Ternyata, kerajaan itu sempat dua kali hampir berubah sepenuhnya menjadi kerajaan Muslim pada masa lalu.

Pada musim semi tahun 1168, Henry II, Raja Inggris, menulis surat kepada Paus Alexander III. Meskipun korespondensi antara raja dan Paus merupakan hal yang biasa, surat ini terkenal karena ancaman yang menyertainya. Henry saat itu mengancam akan masuk Islam.

Baca Juga

Merujuk BBC History Magazine, bukan hal yang aneh bagi Henry untuk melontarkan ancaman. Ancaman-ancaman itu sangat penting dalam persenjataan kekuasaannya. Tapi ancaman kali ini berbeda. Sejak 1097, tentara salib Eropa telah memerangi kekuatan Islam di Timur Tengah dan dengan gigih mempertahankan penaklukan mereka: kerajaan Yerusalem, kerajaan Antiokhia, wilayah Edessa dan Tripoli. Umat ​​Islam dipandang sebagai musuh umat Kristen.

Selain itu, Henry bukan sekadar Raja Inggris: ia juga merupakan Adipati Normandia dan Aquitaine, Pangeran Maine, Anjou dan Touraine, penguasa sebagian besar wilayah Prancis. Salah satu orang paling berkuasa di dunia, ia menguasai wilayah mulai dari perbatasan Skotlandia hingga Timur Tengah, tempat pamannya memerintah kerajaan Latin Yerusalem. Jika Henry serius, dampaknya terhadap Eropa pada abad ke-12 akan sangat besar.

Henry akrab dengan Islam. Dia diyakini telah mempelajari karya Petrus Alfonsi, dokter kakeknya Henry I, yang menulis kisah paling awal yang kredibel tentang Nabi Muhammad. Ia juga memelajari tulisan Peter Yang Mulia, yang memerintahkan terjemahan pertama Alquran ke dalam bahasa Latin. Meskipun ia melihat Islam sebagai sebuah ajaran sesat, Peter menganggapnya sebagai ajaran sesat terbaik – yang paling pantas untuk dijawab.

Selain Islam, Henry juga mengembangkan kekagumannya terhadap pembelajaran bahasa Arab sejak usia dini. Dia menerima pendidikan luar biasa dari para sarjana yang ahli dalam pengetahuan 'baru' yang berkembang pesat di Sisilia, Spanyol, dan Timur Tengah. Eropa Barat belum pernah mengalami periode yang menarik secara intelektual seperti abad ke-12, yang kemudian disebut renaisans abad ke-12. Kebangkitan itu dipicu oleh penemuan kembali para pemikir klasik Yunani dan Roma melalui para ilmuwan Muslim. Ilmuwan Islam juga menyumbang tradisi intelektualnya yang kaya dalam astronomi, kedokteran, musik, arsitektur dan matematika.

Orang tua Henry telah menyewa guru terbaik di Eropa. Di antara mereka adalah orang Arab terkenal, ahli bahasa dan ilmuwan Adelard of Bath, yang mempunyai pengaruh besar pada pendidikan Henry. Adelard telah melakukan perjalanan selama tujuh tahun di Italia, Sisilia, Antiokhia, dan pantai selatan wilayah yang kemudian menjadi Turki, mengabdikan dirinya pada 'studi tentang Arab'. 

Dia terkenal karena terjemahannya ke dalam risalah Arab tentang astronomi ke dalam bahasa Latin, dan memperkenalkan inovasi Arab dalam matematika ke Inggris dan Prancis. Adelard mendedikasikan De Opera Astrolabus – karyanya tentang inovasi astrolab Arab – kepada Henry.

photo
Raja Henry II. Raja ini sempat mengancam akan menjadikan Inggris kerajaan Islam. - (Public Domains)

Selain Islam, Henry juga mengembangkan kekagumannya terhadap pembelajaran bahasa Arab sejak usia dini. Ketertarikan Henry berlanjut hingga dewasa. Dia menyambut para cendekiawan keliling, tidak terkecuali dari Arab, ke istananya. Dia cukup tahu tentang pembelajaran bahasa Arab untuk meminta teks khusus dari diplomat yang melakukan perjalanan ke Sisilia dan kerajaan Yerusalem. 

Dan Henry sangat mengagumi seni Islam sehingga ketika dia membangun sebuah istana untuk majikannya Rosamund Clifford, di Woodstock, dia meniru istana kerajaan Norman di Sisilia, dengan air mancur dan halaman. Istana tersebut kemudian dihancurkan tetapi gayanya, yang penuh dengan motif Arab, merupakan keunikan di Eropa utara.

Bagaimanapun, pada akhirnya ancaman Henry untuk masuk Islam tak pernah terwujud. Padahal, jika ia melakukan hal tersebut, semua pemuka agama di Inggris harus mengikuti langkahnya, membuat semua di bawah kekuasaan Inggris harus jadi Muslim.

Saat kedua Inggris hampir menjadi kerajaan Islam... baca halaman selanjutnya

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖٓ اِذْ قَالُوْا مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ عَلٰى بَشَرٍ مِّنْ شَيْءٍۗ قُلْ مَنْ اَنْزَلَ الْكِتٰبَ الَّذِيْ جَاۤءَ بِهٖ مُوْسٰى نُوْرًا وَّهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُوْنَهٗ قَرَاطِيْسَ تُبْدُوْنَهَا وَتُخْفُوْنَ كَثِيْرًاۚ وَعُلِّمْتُمْ مَّا لَمْ تَعْلَمُوْٓا اَنْتُمْ وَلَآ اٰبَاۤؤُكُمْ ۗقُلِ اللّٰهُ ۙثُمَّ ذَرْهُمْ فِيْ خَوْضِهِمْ يَلْعَبُوْنَ
Mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya ketika mereka berkata, “Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang menurunkan Kitab (Taurat) yang dibawa Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan Kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu memperlihatkan (sebagiannya) dan banyak yang kamu sembunyikan, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang tidak diketahui, baik olehmu maupun oleh nenek moyangmu.” Katakanlah, “Allah-lah (yang menurunkannya),” kemudian (setelah itu), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.

(QS. Al-An'am ayat 91)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement