Senin 05 Aug 2024 15:39 WIB

Dua Kali, Inggris Hampir Jadi Kerajaan Islam

Raja Charles III juga menunjukkan penghargaan pada agama Islam.

Red: Fitriyan Zamzami
Raja Henry II. Raja ini sempat mengancam akan menjadikan Inggris kerajaan Islam.
Foto:

Saat kedua Inggris hampir menjadi kerajaan Islam adalah pada tahun 1212. Hal ini merujuk kesaksian biarawan St Albans, Matthew Paris (1200-1259), dalam bukunya Chronica Majora. Paris menuliskan bukti-bukti kuat bahwa Raja John dari Inggris (memerintah 1199-1216) pada 1212 mengirimkan duta besar kepada penguasa Spanyol bagian selatan dan Afrika bagian utara, yaitu Khalifah Almohad al-Nāṣir (memerintah 1199-1213). 

Utusan tersebut mengajukan tawaran dari John kepada khalifah untuk meninggalkan agama Kristen dan berpindah agama kepada Islam. Paris mengaku pernah mendengar hal tersebut dari salah satu utusan dari London.

kala itu, John, berada di bawah tekanan setelah pertengkaran dengan Paus Innosensius III menyebabkan Inggris ditempatkan di bawah larangan, yang melarang segala bentuk ibadah dan praktik keagamaan lainnya. John sendiri dikucilkan, sebagian negara memberontak dan ada ancaman invasi Perancis.

Menulis dua dekade setelah peristiwa tersebut, Matthew Paris mengklaim bahwa, dalam keputusasaan, John mengirim utusan ke al-Nâsir untuk meminta bantuannya. Sebagai imbalannya, John menawarkan untuk masuk Islam, menjadikan negara itu berada di bawah kekuasaan khalifah dan mengubah Inggris menjadi negara Muslim.