Senin 05 Aug 2024 17:10 WIB

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Dilaporkan Mundur dan Kabur ke Luar Negeri

PM Sheikh Hasina mundur di tengah gelombang demonstrasi di Bangladesh yang membesar.

Red: Andri Saubani
Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina.
Foto: AP Photo/Altaf Qadri
Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina pada Senin (5/8/2024) dilaporkan Al Jazeera, mengundurkan diri dari jabatannya di tengah gelombang demonstrasi yang terus membesar di negaranya. Hasina juga dikabarkan langsung meninggalkan negaranya itu.

Seorang ajudan kepada Al Jazeera menginformasikan bahwa Hasina pergi menggunakan helikopter militer setelah massa demonstrans mengabaikan jam pembatasan aksi dan malah menggeruduk istana perdana menteri di Dhaka. Setidaknya 300 warga telah meninggal dunia dalam demonstrasi yang telah berlangsung beberapa pekan terakhir.

Baca Juga

Pada Ahad (4/8/2024), sedikitnya 100 demonstran dilaporkan tewas dalam sehari yang membuat Angkatan Darat bersiap untuk membuat pernyataan resmi. Namun, pada Senin siang, tensi demonstrasi menurun menyusul informasi lengsernya Hasina.

Kepala Angkatan Darat Jenderal Waker-Uz-Zaman lalu membatalkan rencana mengeluarkan pernyataan resmi dan memilih membuka pembicaraan dengan partai politik mayoritas, termasuk opsisi Partai Nasionalis Bangladesh (BNP).

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement