Senin 05 Aug 2024 19:50 WIB

Jangan Jadi ‘Kupu-Kupu’, Ini 9 Cara Agar Jadi Mahasiswa Produktif dan Berprestasi

Kupu-kupu bukanlah pilihan yang bijak jika ingin mengembangkan diri secara maksimal.

Red: Gita Amanda
Menurut William Hans Natanael, Ketua IEEE Student Branch Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan alumni Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-3, menjadi mahasiswa
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Menurut William Hans Natanael, Ketua IEEE Student Branch Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan alumni Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-3, menjadi mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi mahasiswa yang aktif dan produktif menjadi kunci sukses dalam mengarungi kehidupan kampus. Menurut William Hans Natanael, Ketua IEEE Student Branch Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan alumni Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-3, menjadi mahasiswa "kupu-kupu" (kuliah-pulang kuliah-pulang) bukanlah pilihan yang bijak jika ingin mengembangkan diri secara maksimal.

Berikut beberapa cara agar tak jadi mahasiswa ‘kupu-kupu’ dan memaksimalkan pengalaman kuliah:

Baca Juga

1. Ikut Organisasi dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Bergabung dengan organisasi atau UKM di kampus jadi salah satu cara terbaik untuk memperluas jaringan, mengembangkan keterampilan kepemimpinan, dan mendapatkan pengalaman berharga di luar kelas.

2. Ikuti Seminar dan Workshop

Sering-sering menghadiri seminar, workshop, atau pelatihan yang relevan dengan minat dan bakat. Kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berkenalan dengan profesional di bidang yang ditekuni.

3. Magang atau Kerja Part-Time

Magang atau bekerja part-time di bidang yang relevan bisa memberikan pengalaman kerja nyata dan memperkaya CV Anda. Pengalaman kerja selama kuliah akan sangat berguna ketika mencari pekerjaan setelah lulus. Ini juga membantu mahasiswa memahami bagaimana teori yang dipelajari di kelas diterapkan dalam dunia nyata.

4. Berpartisipasi dalam Proyek atau Penelitian

Cari kesempatan untuk terlibat dalam proyek atau penelitian yang diadakan oleh dosen atau kampus. Ini bisa membantu memperdalam pemahaman akademik dan menambah pengalaman.

5. Ikuti Kompetisi atau Lomba

Berpartisipasi dalam kompetisi akademik atau non-akademik bisa menjadi cara yang baik untuk mengukur kemampuan dan mendapatkan pengakuan. Kompetisi juga mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif.

6. Aktif di Kegiatan Sosial atau Volunteering

Terlibat dalam kegiatan sosial atau menjadi relawan bisa memberikan perspektif baru dan menambah pengalaman hidup. Membantu orang lain dan berkontribusi pada masyarakat adalah cara yang baik untuk mengembangkan empati dan keterampilan sosial.

7. Membangun Jaringan (Networking)

Manfaatkan setiap kesempatan untuk berkenalan dengan orang baru, baik itu teman seangkatan, senior, dosen, atau profesional di bidang Anda. Networking bisa sangat bermanfaat di masa depan, baik untuk karier maupun kehidupan pribadi.

8. Manajemen Waktu yang Baik

Dengan banyaknya kegiatan, penting untuk mengatur waktu dengan baik agar semua tanggung jawab bisa terpenuhi tanpa mengorbankan akademik. Pentingnya manajemen waktu yang efektif untuk menjaga keseimbangan antara studi dan kegiatan lainnya.

9. Ikut Kegiatan Kampus

Sering-sering terlibat dalam acara-acara kampus seperti pentas seni, bazar, atau kegiatan lainnya yang bisa menambah pengalaman dan koneksi. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membuka kesempatan untuk belajar hal baru dan bertemu dengan banyak orang.

“Agar tak jadi mahasiswa ‘kupu-kupu’ membutuhkan komitmen dan usaha untuk terlibat dalam berbagai kegiatan di luar kelas,” tandas Hans dalam rilis yang diterima, Senin (5/8/2024).

Bagi William Hans, pengalaman yang didapatkan dari keaktifan di kampus sangat berharga dan akan memberikan manfaat jangka panjang. “Dengan mengikuti saran-saran di atas, mahasiswa bisa memaksimalkan pengalaman kuliah dan mempersiapkan diri dengan baik untuk masa depan. Ikut aktif dalam organisasi yang sesuai dengan minat dapat memperkaya pengalaman, ini juga bisa menjadi platform untuk bertemu dengan individu yang memiliki visi dan misi yang sama,” katanya.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement