Selasa 06 Aug 2024 05:31 WIB

8 Contoh Penampakan Setan yang Terekam dengan Jelas dalam Sejarah Islam

Setan akan menjelma dalam berbagai macam bentuk dan rupa

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi setan. Setan akan menjelma dalam berbagai macam bentuk dan rupa
Foto:

6. Kemiripannya dengan Suraqah bin Malik bin Jasyim dengan kaum musyrikin pada Perang Badar pada tahun kedua Hijrah,Tafsir Al Qurthubi tentang firman-Nya:

وَإِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَإِنِّي جَارٌ لَكُمْ ۖ فَلَمَّا تَرَاءَتِ الْفِئَتَانِ نَكَصَ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ وَقَالَ إِنِّي بَرِيءٌ مِنْكُمْ إِنِّي أَرَىٰ مَا لَا تَرَوْنَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ ۚ وَاللَّهُ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan ketika setan menjadikan mereka memandang baik pekerjaan mereka dan mengatakan: "Tidak ada seorang manusiapun yang dapat menang terhadapmu pada hari ini, dan sesungguhnya saya ini adalah pelindungmu". Maka tatkala kedua pasukan itu telah dapat saling lihat melihat (berhadapan), syaitan itu balik ke belakang seraya berkata: "Sesungguhnya saya berlepas diri daripada kamu, sesungguhnya saya dapat melihat apa yang kamu sekalian tidak dapat melihat; sesungguhnya saya takut kepada Allah". Dan Allah sangat keras siksa-Nya.” (QS Al Anfal: 48).

7- Kehadirannya pada Perang Uhud di bulan Syawal tahun ketiga Hijriyah, ketika kaum musyrikin dikalahkan di awal peperangan, dan Iblis berteriak, yaitu teriakan yang kedua setelah teriakannya yang pertama di Baiat Al Aqabah, dengan mengatakan, "Wahai hamba-hamba Allah, saudara-saudaramu." Orang pertama dari mereka berbalik, dan dia dan orang terakhir mereka yang gugur.