Selasa 06 Aug 2024 13:16 WIB

ITB Dibantu GEM, Bangun Patung Robot Daur Ulang Bisa Kurangi Emisi CO2 hingga 11,25 Ton

Patung bernama Green Hercules ini memiliki tinggi 6,9 meter,

Red: Arie Lukihardianti
Patung Robot Daur Ulang bernama Green Hercules dibangun di ITB Kampus Jatinangor
Foto: Dok Republika
Patung Robot Daur Ulang bernama Green Hercules dibangun di ITB Kampus Jatinangor

REPUBLIKA.CO.ID, JATINANGOR--Institut Teknologi Bandung (ITB) terus berupaya menerapkan konsep sustainable and green campus. Salah satu contoh penerapan konsep keberlanjutan tersebut, adalah ITB bekerja sama dengan GEM (Perusahaan daur ulang logam terkemuka di Cina dan dunia) membangun “China-Indonesia Joint Research Laboratory for New Energy Materials and Metallurgical Engineering Technology”, di ITB Kampus Jatinangor.

Laboratorium ini dikembangkan dalam rangka memperkuat fasilitas riset multidisiplin dan pengajaran di ITB, khususnya di bidang material energi baru dan rekayasa metalurgi. Material yang telah digunakan di laboratorium tersebut akan didaur ulang kembali menjadi bahan energi baru. Dengan demikian, tercipta ekonomi sirkular yang meminimalkan kerusakan lingkungan dengan mendaur ulang material yang sudah digunakan.

Baca Juga

Kerja sama yang dilakukan meliputi pengembangan Joint Research Lab untuk riset dan pendidikan di bidang material energi baru dan teknik metalurgi, hingga pemberian beasiswa untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana ITB.

Di samping itu, GEM yang mendanai pembangunan laboratorium dan berbagai fasilitasnya dengan total 15 juta dolar Amerika juga membangun patung robot yang seluruhnya menggunakan material bekas. Patung bernama "Green Hercules" ini memiliki tinggi 6,9 meter, diameter dasar 3,9 meter, dan berat 7,8 ton, yang pengerjaannya dilakukan selama satu bulan.