Selasa 06 Aug 2024 14:10 WIB

Pesantren Berusia Lebih dari Satu Abad Ini Kebakaran, Begini Respons Menag

Negara dinilai harus hadir saat pesantren terkena musibah.

Red: A.Syalaby Ichsan
Umat Islam bersholawat di pondok pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (12/10/2019) malam.
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Umat Islam bersholawat di pondok pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (12/10/2019) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur yang mengalami kebakaran pada Senin (5/8/2024) kemarin. Kementerian Agama (Kemenag) pun langsung bergerak menyalurkan bantuan senilai Rp 650 juta untuk pesantren tua yang didirikan pada 1910 tersebut. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang biasa dipanggil Gus Yaqut mengatakan, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian negara terhadap pesantren. Menurut dia, pesantren selama ini telah banyak berkontribusi untuk negara, maka sudah seharusnya negara memperhatikannya.

Baca Juga

"Apalagi Pesantren Lirboyo ini salah satu pesantren terbesar di Indonesia yang jasa-jasanya untuk Indonesia sangat besar. Harus dibantu," ujar Gus Yaqut dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Selain pesantren terbesar, menurut Gus Yaqut, Lirboyo juga salah satu pesantren tua yang usianya lebih dari satu abad. Sebagai pesantren tua, kata dia, Lirboyo telah menghasilkan puluhan ribu alumni yang berkiprah di berbagai sektor. “Salah satu pesantren yang terbaik khususnya di dalam tafaquh fiddin atau pendalaman agama Islam, adalah Pesantren Lirboyo,” ucap Gus Yaqut.