Selasa 06 Aug 2024 14:32 WIB

'Terorisme' Anti-Islam Berlanjut di Inggris, Makam Muslim Dirusak

Kerusuhan antiimigram dan Anti-Islam masih terus terjadi di Inggris.

Red: Fitriyan Zamzami
Sebuah mobil terbakar di Parliament Road, di Middlesbrough, Inggris, menyusul protes anti-imigrasi pada Ahad, 4 Agustus 2024.
Foto: Owen Humphreys/PA via AP
Sebuah mobil terbakar di Parliament Road, di Middlesbrough, Inggris, menyusul protes anti-imigrasi pada Ahad, 4 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Aksi ‘terorisme’ antiimigran dan anti-Islam masih terus meluas di Inggris pada Senin malam. Pada Senin malam, mobil polisi dibakar dan toko-toko diserang perusuh sayap kanan.

Dilansir the Guardian, Neil Basu, mantan kepala kontra-terorisme Inggris, mengatakan dia yakin serangan-serangan yang meluas belakangan harus diperlakukan sebagai tindakan terorisme. “Mencoba membakar sebuah gedung yang berisi orang-orang di dalamnya, yang jelas-jelas Anda benci, adalah tindakan kekerasan terhadap orang dan properti dengan alasan rasial yang dirancang untuk mengintimidasi sebagian masyarakat – baik itu Muslim atau pencari suaka,” katanya.

Baca Juga

“Tidak hanya sesuai dengan definisi terorisme, tindakan itu sejatinya terorisme. Ini bukan sekadar upaya hukuman mati tanpa pengadilan di zaman modern dan orang-orang yang melakukannya harus menghadapi hukuman penjara seumur hidup, bukan hukuman lima tahun karena kekacauan yang disertai kekerasan.”

Aksi antiimigran dan anti-Islam berujung kekerasan terjadi di Inggris sejak akhir pekan lalu. Sentimen yang sudah lama dipendam kelompok sayap kanan Inggris itu meledak menyusul kabar bohong bahwa pelaku penusukan di Southport yang menewaskan tiga anak adalah seorang pencari suaka Muslim. Faktanya, pelaku adalah seorang remaja kelahiran Inggris dari orang tua asal Rwanda yang membesarkannya sebagai seorang Kristiani.