Selasa 06 Aug 2024 17:10 WIB

Bjb dan OJK Luncurkan Program Keuangan Digital Berbasis AI

AI dapat meningkatkan efisiensi operasional hingga 30 persen.

Red: Gita Amanda
Bank bjb Bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan Hadirkan Program Ekosistem Keuangan Inklusif Digital berbasis Artificial Intelligence.
Foto: Bank bjb
Bank bjb Bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan Hadirkan Program Ekosistem Keuangan Inklusif Digital berbasis Artificial Intelligence.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Di era digital saat ini, kehadiran ekosistem keuangan inklusif termasuk melalui pendekatan Artificial Intelligence (AI) semakin diperlukan untuk terus memperluas program inklusi keuangan. Dengan perkembangan teknologi telah membuka peluang besar untuk mengatasi tantangan ini, terutama dengan adopsi teknologi AI dalam sektor keuangan. Bahkan riset dari McKinsey & Company menunjukkan AI dapat meningkatkan efisiensi operasional hingga 30 persen dan mengurangi biaya hingga 20 persen di sektor perbankan.

Sebagai catatan, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2024 menunjukkan indeks literasi keuangan penduduk Indonesia sebesar 65,43 persen, sementara indeks inklusi keuangan sebesar 75,02 persen. Hasil SNLIK tahun 2024 menunjukkan segmen penduduk yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih rendah dibandingkan tingkat nasional sehingga perlu semakin menggiatkan kegiatan literasi dan inklusi keuangan.

Baca Juga

Bank bjb, telah mengambil langkah proaktif dalam mendukung inklusi keuangan digital. Melalui berbagai inisiatif, bank bjb berkomitmen untuk mendukung generasi milenial agar lebih melek keuangan dan memahami pentingnya pengelolaan keuangan sejak dini.

Salah satu langkah konkret adalah berkolaborasi dengan SMK Negeri 4 Kota Bandung, bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan PT Curaweda Palagan Innotech, meluncurkan Program Ekosistem Keuangan Inklusif Digital berbasis AI yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Kota Bandung, Selasa, 6 Agustus 2024. Program ini mencakup pembukaan rekening tabungan pelajar untuk 2.000 siswa, pembagian kartu ATM, serta pengenalan layanan perbankan berbasis AI.