Selasa 06 Aug 2024 23:05 WIB

Ketika Muslim, Yahudi, Kristen, Majusi Saling Bergantian Menghadiri Pemakaman

Toleransi umat beragama sangat kuat dibangun awal Islam

Red: Nashih Nashrullah
Warga melakukan ziarah kubur (ilustrasi).  Toleransi umat beragama sangat kuat dibangun awal Islam
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga melakukan ziarah kubur (ilustrasi). Toleransi umat beragama sangat kuat dibangun awal Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Salah satu manifestasi dari kohesi di antara para umat beragama agama adalah solidaritas dan penghiburan yang terkadang mereka tunjukkan pada saat-saat duka dan masa perang, sampai-sampai berpartisipasi dalam pemakaman tokoh-tokoh penting dari semua agama, bertempur dalam peperangan, serta menyediakan tempat berlindung dan pertolongan sesuai dengan situasi yang dibutuhkan.

Salah satu kesaksian paling awal dan paling langka tentang hal ini ditemukan dalam Shahih Imam al-Bukhari (wafat 256 H/870 M) dan Musnaf Ibn Abi Syaibah (wafat 297 H/910 M) meriwayatkan dari Imam al-Sya'bi (wafat 106 H/725 M) bahwa ibu dari al-Harits bin Abdullah bin Abi Rabi'ah al-Makhzumi al-Qurasyi wafat setelah 69 H/690 M, seorang Nasrani, meninggal dunia.

Baca Juga

Para sahabat Nabi Muhammad (SAW) menghadiri pemakamannya", yang berarti mereka menghadiri pemakamannya!

Al-Hafiz Ibn Asakir (wafat 571 H/1175 M) - dalam bukunya 'Tarikh Dimasyq' - menyebutkan bahwa nama wanita Kristen ini adalah "Sobha al-Habashiya".

Bukti-bukti sejarah menunjukkan bahwa ia meninggal di Makkah, setelah kematian suaminya, Sahabat Abdullah bin Abi Rabia al-Makhzumi pada tahun 35 H/656 M, ayah dari penyair terkenal Umar bin Abi Rabia (wafat sekitar tahun 93 H/713 M).

Dalam kitab Al-Akbar at-Thiwal karya Abu Hanifah al-Dinawari (wafat 282 H/895 M), dijelaskan bahwa pada bulan Ramadhan tahun 40 H/661 M, sebuah iring-iringan dan pemakaman jenazah yang dibawa oleh para pemuka Arab Muslim dengan para pendeta yang membaca Alkitab" sedang berjalan di jalan-jalan Kufah, yang pada saat itu penduduknya adalah para sahabat dan pengikutnya.

Beberapa orang bertanya: "Apa ini?" Mereka berkata, "Ini adalah Abjar bin Jabir al-Ajali (wafat 40 H/661 M) yang meninggal sebagai seorang Kristen, dan putranya Hajjar bin Abjar (wafat setelah 40 H/661 M) adalah majikan dari Bakr bin Wael, sehingga orang-orang mulia (Muslim) mengikutinya karena kepemimpinan putranya, dan orang-orang Kristen mengikutinya karena agamanya!"

Imam Ibnu Abi Syaibah juga meriwayatkan bahwa sahabat mulia Ibnu Umar (wafat 73 H/693 M) pernah ditanya tentang seorang pria Muslim, "Haruskah ia mengikuti (= melayat) wanita Nasrani (yang sedang berduka) ketika ia meninggal dunia?"

Beliau menjawab, "Ia harus mengikutinya dan berjalan di depannya. Kami telah merujuk pada hadis yang dilaporkan dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim: "Nabi (SAW) melewati sebuah pemakaman, lalu beliau berdiri dan diberitahu, 'Ini adalah pemakaman seorang Yahudi! Beliau bersabda: "Bukankah itu adalah jiwa?"

Di sisi lain...

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement