Rabu 07 Aug 2024 04:59 WIB

Demi Dongkrak IPP Kepemimpinan, Pemerintah Andalkan Tiga Program

Domain Partisipasi dan Kepemimpinan menjadi salah satu yang perlu dicermati bersama.

Red: Fernan Rahadi
Kemenpora menggelar rapat koordinasi untuk pelaksanaan program pelayanan kepemudaan dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) .
Foto: dokpri
Kemenpora menggelar rapat koordinasi untuk pelaksanaan program pelayanan kepemudaan dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) .

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Kemenpora menggelar rapat koordinasi untuk pelaksanaan program pelayanan kepemudaan dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) . Salah satu program unggulan Kemenpora adalah pada aspek kepemimpinan di mana domain partisipasi dan kepemimpinan dalam IPP masih cukup rendah secara nasional.

Dalam rakor bersama 28 kementerian/lembaga, 38 Provinsi, dan beberapa Kabupaten/Kota, Kemenpora menyampaikan beberapa program unggulan untuk bisa dikerjasamakan dan diadopsi oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

"Untuk unit kerja Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda, ada tiga program unggulan mulai dari Keluarga Muda Berdaya, Klub Berkawan, dan Talenta Muda sebagai upaya peningkatan IPP pada domain Partisipasi dan Kepemimpinan," ucap Andi Susanto, Asdep Kepemimpinan Pemuda Kemenpora.

Selain program unggulan tersebut, lanjut Andi, ada juga program-program lain dari keasdepan di bawah Deputi Pengembangan Pemuda dan juga Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora.

Dalam pengukuran IPP, domain Partisipasi dan Kepemimpinan menjadi salah satu yang perlu dicermati bersama dengan kolaborasi lintas sektor mengingat capaiannya yang masih cukup rendah daripada domain lain pada IPP.

Untuk meningkatkannya, kata Andi, rakor ini membahas rencana bersama Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah sehingga tingkat kepemimpinan pemuda ke depan dapat terus membaik nilainya dalam setiap indikator.

Pria berkacamata tersebut menjelaskan, program kepemimpinan pemuda memang bisa dimaksimalkan ke setiap daerah. Untuk pengaplikasiannya, disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Dia mencontohkan dengan PKPMN Talenta Muda, program itu memiliki tujuan untuk mencetak pemimpin muda dengan kurikulum pelatihan yang telah dipersiapkan dengan matang.

"Kalau Talenta Muda ini dibuat untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin muda yang nantinya menjadi masa depan Indonesia. Mereka nantinya akan dibekali keterampilan yang terstruktur sehingga bisa berkontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya," ungkap Andi.

Sementara itu, untuk program Keluarga Muda Berdaya, target yang diusung oleh Kemenpora lebih detil lagi. Sebab, program ini bertujuan untuk membentuk pemimpin rumah tangga dengan bekal yang lengkap.

"Dengan kepemimpinan domestik yang kuat, maka kuat pula Fondasi dalam mempersiapkan sebuah keluarga," tuturnya.

Untuk mengembangkan pemikiran para calon pemimpin muda, Andi juga menyebut Klub Berkawan bisa menjadi salah satu jalan. Sebab, dalam program klub berkawan, kemampuan diskusi, membongkar sebuah masalah, sampai saling memberikan solusi dilakukan.

"Karena dengan klub berkawan, para pemimpin muda bisa berdiskusi, berjejaring, dan jadi wadah aspirasi untuk memberi saran pendapat kepada para pemangku kepentingan," ungkap dia.

Kegiatan kepemimpinan ini nantinya menjadi bagian besar dari domain IPP yang bakal ditingkatkan nilainya melalui beberapa indikator.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement