Rabu 07 Aug 2024 05:49 WIB

Dico Ganinduto Siap Bawa Perubahan di Kota Semarang

Semarang jika dilihat dari aspek komparasi kekuatan dan kelemahan perlu pembenahan.

Red: Erik Purnama Putra
Bupati Kendal Dico Ganinduto maju sebagai calon wali kota Semarang.
Foto: Republika.co.id
Bupati Kendal Dico Ganinduto maju sebagai calon wali kota Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pengamat politik Herry Mendrofa merespons pernyataan Bupati Kendal Dico Ganinduto yang menilai jika Kota Semarang sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang tertinggal dibandingkan dengan daerah lainnya. Herry menganggap, pernyataan tersebut wajar saja dilontarkan oleh Dico, sebagai calon wali kota (cawalkot) Semarang. 

"Saya rasa sebagai salah satu kandidat wajar Dico menyampaikan hal ini. Upaya ini juga merupakan strategi bagaimana melihat respons publik. Semacam cek ombak," kata Herry dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga

Sebagai seorang kandidat, menurut Herry, Dico harus memberikan atensi pada isu atau tren yang kuat. "Dan kandidat lain belum masuk pada sisi ini. Dan ini juga dapat diartikan sebagai bentuk kesiapan Dico untuk bertarung dan membawa perubahan untuk Semarang," ujarnya.

Menurut Herry, banjir masih menjadi problematika di Kota Semarang setiap tahun. Artinya ada kelemahan dari sisi tata kelola wilayah yang perlu ditangani. "Maka variabel ini saja dapat dijadikan sebagai autokritik atas kinerja pemerintah sebelumnya," kata Herry.