Rabu 07 Aug 2024 06:28 WIB

Untuk Pertama Kalinya, Jet F-22 Raptor Mendarat di Bali

Pesawat tempur generasi kelima milik US Air Force akan menjalani latihan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Rep: Erik PP/ Red: Partner
.
Foto: network /Erik PP
.

Jet F-22 Raptor berada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (6/8/2024).
Jet F-22 Raptor berada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (6/8/2024).

BADUNG -- Empat jet F-22 Raptor generasi kelima dari Skuadron Tempur Ekspedisi ke-27, Pangkalan Bersama Langley-Eustis, Virginia, Amerika Serikat (AS), mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali pada Selasa (6/8/2024). Hal itu menandai pertama kalinya pesawat generasi kelima Amerika mendarat di Indonesia.

Kunjungan United States Air Force atau Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS) tersebut memberikan kesempatan kepada pilot dan tim pemeliharaan untuk meningkatkan kesadaran tentang operasi wilayah udara Indonesia. Hal itu juga sekaligus menguji kemampuan pengisian bahan bakar yang cepat. Tentu saja, latihan yang sudah direncanakan itu sudah melalui koordinasi dengan Pemerintah Indonesia.

Selain itu, satu unit pesawat C-130 Hercules dari Garda Nasional Udara AS juga mendarat di Bali, satu hari sebelumnya. Pesawat angkut tersebut mempersiapkan operasi pengisian bahan bakar cepat hot pit untuk jet F-22.

Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd James Austin III dan Menhan RI Prabowo Subianto pada November 2023, menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang bersejarah dan membahas cara-cara untuk memperluas peluang pelatihan, meningkatkan pertukaran pendidikan, dan meningkatkan kesadaran domain maritim. AU AS melakukan pelatihan dan keterlibatan rutin dengan Indonesia untuk lebih mengembangkan kemampuan operasional dan memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement