Kamis 08 Aug 2024 00:53 WIB

Kumpulan 11 Karya Mazhab Hanafi yang Wajib Dibaca, Nomor 8 Menarik

Mazhab Hanafi menjadi rujukan ber-Islam banyak orang.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi santri ngaji kitab fikih.
Foto:

6. Majma' al Bahrain Wa Multaqo an-Nahrain

Kitab ini dikarang oleh al-Imam al-Mutqin Muzhoffaruddin Ahmad bin Ali bin Tsa'lab , yang terkenal dengan Ibnu Sa'ati (Wafat 694 H). Dalam kitab ini ia menghimpun antara Mukhtasor Al-quduri dan kitab nazhom karangan An-Nasafi dalam masalah khilaf, dengan beberapa tambahan, dan ia menyusunnya dengan susunan yang indah serta meringkasnya dengan kreatif.

7. Kanzu ad-Daqoiq

Ini adalah kitab karangan Imam yang agung, Abu al-Barakat, Hafizhuddin Abdullah bin Ahmad bin Mahmud an-Nasafi (Wafat 710 H). Ini adalah salah satu dari kitab matan yang oleh para ulama madzhab diistilahkan dengan kitab matan yang tiga, ketika mereka menyebutnya secara global tanpa penjelasan.

8. An-Nuqoyah Mukhtashor Al-Wiqoyah

Ini merupakan kitan karangan Shodru as-Syariah Ubaidillah bin Mas'ud bin Mahmud al-Mahbubi (Wafat 745 H atau 747 H). Di dalamnya dia merangkum matan kitab Al-Wiqoyah yang dikarang oleh kakeknya Taju as-Syari'ah. Kitab ini juga banyak disyarah, diantaranya adalah kitab Kamal ad-Diroyah Fi Syarhi an-Nuqoyah yang dikarang oleh Syekh Taqiyuddin Ahmad bin Muhammad As-Syumunni (Wafat 872 H).

9. Multaqo al-Abhur

Kitab ini merupakan karangan Imam Ibrahim bin Muhammad al-Halabiy (wafat 956 H). Di dalamnya terhimpun permasalahan dalam kitab matan yang empat, yakni Al-Quduri, Al-Mukhtar, Kanzu ad-Daqoiq, dan Al-Wiqoyah). Di dalam penulis juga menambahkan beberapa permasalahan yang perlu, serta beberapa bagian dari kitab Al-Hidayah, dan mendahulukan pendapat-pendapat mereka yang paling kuat, dan mengingatkan pada yang paling shohih dan paling kuat. Karena itulah ketenarannya sampai ke segala penjuru dan diterima oleh kalangan pengikut madzhab Hanafi.