Rabu 07 Aug 2024 10:07 WIB

Selain Haniyeh dan Sinwar, ini ‘Belut Hamas’ yang Super Misterius

Hamas terus melawan Israel hingga penghabisan.

Red: Erdy Nasrul
Khaled Mishal
Foto:

Keberadaannya pun terus berpindah-pindah dari satu kawasan ke lainnya. Boleh dibilang, dia adalah belut Hamas karena meski sudah hampir tertangkap, bisa segera melepaskan diri dan hilang lagi. Licin seperti belut yang bergoyang di dalam lumpur.

Pernyataan Mishal

Kelompok pejuang Palestina, Hamas menyatakan berniat untuk menukar sandera yang mereka tangkap di Israel selatan, dengan kebebasan 6.000 tahanan Palestina yang sekarang ditahan di penjara Israel. Hal itu disampaikan Perwakilan Hamas di luar negeri, Khaled Mashal, Senin (16/10/2023).

"Sebanyak 6.000 pria dan wanita Palestina ditahan di penjara-penjara Zionis dan kami ingin membebaskan mereka dengan imbalan tawanan Israel. Perlawanan cukup kuat untuk membebaskan semua tahanan dari penjara," katanya dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Al Araby.

Brigade Izzuddin al-Qassam Hamas, telah menawan sandera warga Israel setidaknya, 200 hingga 250 orang. Namun menurut Washington Post, pada Oktober 2023, para pejuang Hamas membawa sedikitnya 64 tawanan ke Jalur Gaza setelah serangan mendadak mereka ke wilayah Israel selatan.