Rabu 07 Aug 2024 14:40 WIB

Bantah Sewa Alphard, Kemensetneg Beri Solusi Hemat untuk Tamu Undangan Upacara di IKN

Tamu undangan upacara di IKN akan difasilitasi 200 unit bus.

Red: Friska Yolandha
Toyota Alphard (ilustrasi). Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama membantah pemerintah menyewa Alphard untuk tamu di IKN.
Foto: Dok.Republika
Toyota Alphard (ilustrasi). Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama membantah pemerintah menyewa Alphard untuk tamu di IKN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan Kementerian Sekretariat Negara menyediakan bus untuk mobilisasi para tamu undangan yang akan mengikuti upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dia menjelaskan bahwa Setneg tidak menyewa kendaraan mobil hingga 1.000 unit untuk melayani tamu undangan, layaknya disampaikan sebuah asosiasi dalam pemberitaan.

“Setneg tidak menyewa mobil, termasuk Alphard sejumlah 1.000 unit, karena kami akan menyediakan angkutan bus untuk undangan yang akan menghadiri upacara HUT RI di IKN,” jelas Setya Utama melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan jumlah armada bus yang disiapkan juga tidak sebanyak 1.000 unit, melainkan sekitar 200 unit yang diatur oleh Kementerian Perhubungan bersama dengan Otorita IKN dan pemerintah daerah setempat. Menurutnya, bus itu merupakan kendaraan prioritas yang akan diutamakan digunakan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN, bagi petugas upacara, tamu undangan, termasuk juga para menteri.

Sedangkan untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden akan diatur oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). “Kendaraan lain yang digunakan adalah untuk rangkaian Presiden RI dan Ibu Negara serta kendaraan contigency seperti kendaraan cadangan dan ambulans,” jelasnya.