Rabu 07 Aug 2024 15:47 WIB

Tren Kecantikan yang Populer di Kalangan Gen Z dan Milenial pada 2024

Ada 4 tren kecantikan yang naik daun hingga pertengahan 2024.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Alat make up (ilustrasi). Lini bisnis Sociolla untuk pengolahan data, Insight Factory, mengungkap 4 tren perawatan kecantikan di Indonesia hingga pertengahan 2024.
Foto: Dok. Freepik
Alat make up (ilustrasi). Lini bisnis Sociolla untuk pengolahan data, Insight Factory, mengungkap 4 tren perawatan kecantikan di Indonesia hingga pertengahan 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lini bisnis Sociolla untuk pengolahan data, Insight Factory, mengungkap tren perawatan kecantikan di Indonesia untuk kuartal 1 dan 2 pada 2024. Berdasarkan pada analisa big data internal Sociolla, ditemukan empat tren yang sedang naik daun yakni prejuvenation skincare, skincare untuk kulit sensitif, hybrid makeup, dan body care dengan bahan aktif.

VP Data Management & Business Intelligence Social Bella, Amanda Mandee Melissa, mengatakan prejuvenation skin care adalah perawatan kulit yang menawarkan pencegahan tanda-tanda penuaan. Berbeda dengan antiaging, prejuvenation biasanya fokus pada upaya preventif dan dipakai sebelum tanda penuaan muncul. Prejuvenation skin care biasanya memiliki kandungan aktif seperti retinal dan peptide.

Baca Juga

“Tren ini populer tidak hanya di kalangan generasi milenial, yang saat ini berumur antara 30 hingga 44 tahun. Namun juga tren dilakukan gen Z yang saat ini berkisar di umur 15 sampai 29 tahun,” kata Amanda dalam konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Tren kedua yaitu skincare untuk perawatan kulit sensitif. Menurut analisa Insight Factory, kesadaran konsumen terkait kondisi dan tipe kulitnya semakin besar. Hal ini pada akhirnya berpengaruh pada permintaan yang lebih tinggi untuk produk yang secara khusus ditargetkan untuk kelompok kulit yang sensitif, mulai dari produk skin barrier hingga eksfoliator.

“Konsumen sekarang itu emang lebih pinter. Karena mereka tahu kondisi atau tipe kulitnya, maka dia akan beneran cari produk yang sesuai dengan kulit sensitifnya,” kata Amanda.

Selain itu, konsumen juga sekarang sangat suka dengan produk kosmetik yang memiliki kandungan skincare. Menurut Amanda, dua produk hybrid make up yang banyak dicari adalah base make up dan produk bibir.

“Dan memang sekarang banyak produk make up base yang mengandung pelembap, atau juga lip product yang ada bahan skincare-nya semisal lip serum, lip gloss, dan tinted lip balm,” jelas Amanda.

Selanjutnya adalah tren body care yang mengandung bahan aktif. Didorong oleh meningkatnya kesadaran tentang skinifikasi, yang merupakan perawatan diri secara holistik untuk wajah, rambut dan tubuh. Hal ini membuat meningkatnya tren perawatan tubuh yang dilengkapi dengan bahan skincare untuk merawat masalah kulit tubuh secara efektif.

“Orang itu sekarang kan enggak mau ya kulit mukanya aja yang glowing, tapi tangannya gelap dan kusam. Makanya mereka juga nyari produk body care seperti body serum, body lotion, dan body wash yang memang sesuai dengan kebutuhan kulit,” kata Amanda.

Hingga saat ini, platform review online dari Sociolla, SOCO, telah memiliki 6 juta pengguna aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka juga terdiri atas berbagai tipe kulit dan masalah yang dimiliki. Big data inilah yang kemudian diolah untuk merangkum tren kecantikan kuartal 1 dan 2 pada 2024.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement