Rabu 07 Aug 2024 16:23 WIB

Sebanyak 36 Rumah Menteri Dikebut di IKN, Wacana 40 Menteri Batal?

Sempat beredar wacana Prabowo akan menunjuk 40 menteri.

Rep: Stevy Maradona/ Red: Fitriyan Zamzami
Tangkapan layar progres pembangunan rumah dinas menteri negara di IKN.
Foto: Stevy Maradona/Republika
Tangkapan layar progres pembangunan rumah dinas menteri negara di IKN.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSANTARA – Pembangunan rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) dikebut. Jumlahnya masih sesuai dengan anggota kabinet terkini, yang bisa jadi kendala jika presiden terpilih nantinya menambah nomenklatur kementerian.

Ketua Satgas Pembangunan IKN dari Kementerian PUPR Danis Sumadilaga menyampaikan, saat ini telah disiapkan bangunan rumah untuk 36 menteri. Selain itu, ada 16 bangunan kementerian dan empat kementerian koordinasi.

Baca Juga

Sementara ada 47 tower hunian untuk aparatur sipil negara (ASN). Satu tower akan terdiri dari 12 lantai yang mana satu lantainya terdiri dari lima unit apartemen. “Untuk 17 Agustusan sekitar 12 tower bisa digunakan,” ujarnya di sela acara “Dialog Bersama Menko Polhukam, Menkominfo, Pemimpin Redaksi Media Nasional” di IKN, Rabu (7/8/2024).

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan, Istana Negara yang baru dan lapangannya sudah siap digunakan sebagai lokasi upacara. Menko Polhukam juga menyampaikan bahwa akses ke IKN saat ini sudah siap. “Akses Balikpapan via Samarinda ke IKN butuh 2,5 jam. Nantinya Balikpapan-Pulobalang-IKN bisa ditempuh 1,5 jam. Ia juga mengeklaim bahwa bangunan kantor ASN dan fasilitas-fasilitas lainnya sudah mengalami kemajuan pembangunan yang signifikan.