Rabu 07 Aug 2024 18:23 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Tegal Jadi Pahlawan Energi dengan PLTS Portabel

PLTS Portabel sangat bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak bencana alam.

Red: Gita Amanda
 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tegal berhasil menciptakan sebuah inovasi PLTS Portabel.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tegal berhasil menciptakan sebuah inovasi PLTS Portabel.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Di tengah hiruk pikuk teknologi, sekelompok mahasiswa dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tegal berhasil menciptakan sebuah inovasi yang bisa bikin kita semua berdecak kagum. Ya, mereka telah merancang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Portabel yang siap jadi penyelamat ketika bencana melanda. Dengan semangat juang ala superhero, tim yang dipimpin oleh Andri Miftahul Akhyar ini beraksi lewat program PKM-KC (Karsa Cipta) dari Kemendikbudristek periode Mei-Agustus 2024.

Nah, bukan hanya Andri yang berdiri tegak sebagai kapten tim, ada juga nama-nama keren lainnya seperti Indriani, M Ivan Nur Rizqi, Cynthia Elisabeth Haryanto, dan Zakaria Yufa Probondaru yang bahu-membahu dalam tim Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI kampus Tegal.

Baca Juga

Kita semua tahu, Indonesia itu letaknya di pertemuan tiga lempeng tektonik, antara lain lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Dengan potensi bencana alam seperti gunung berapi, tsunami, banjir, dan tanah longsor yang selalu mengintai, pasokan listrik seringkali jadi korban pertama. Di sinilah PLTS Portabel hadir sebagai pahlawan baru yang memberikan solusi nyata untuk masalah ini.

Andri, sang ketua tim yang juga mahasiswa semester empat program studi Teknologi Komputer Universitas BSI kampus Tegal, menjelaskan bahwa PLTS Portabel ini dirancang sebagai solusi permasalahan sumber tenaga listrik.