Rabu 07 Aug 2024 20:36 WIB

Upaya untuk Mengkristenkan Makkah dan Kabah yang Selalu Gagal Sepanjang Sejarah

Allah SWT senantiasa melindungi Makkah dan Kabah

Red: Nashih Nashrullah
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: AP Photo/Rafiq Maqbool
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sepanjang sejarah, ada beberapa upaya untuk mengkristenkan Makkah sebelum misi Nabi Muhammad SAW, termasuk upaya yang dilakukan oleh Thaba'ah pada masa pemerintahan Khuza'ah di hadapan suku Quraisy, yang berakhir dengan dia melapisi Kabah, membiarkannya tidak tersentuh, dan kembali ke Yaman, dengan asumsi bahwa dia adalah seorang Kristen dan bukan Yahudi.  

Upaya kedua adalah upaya Abraha, yang gagal dengan burung-burung Ababil, dan tidak dapat digambarkan sebagai upaya Kristenisasi, tetapi itu adalah upaya untuk kontrol politik dan ekonomi, jika tidak, Allah tidak akan menggagalkannya dengan cara seperti ini, karena agama Kristen, apa pun distorsi di dalamnya, lebih tinggi dan lebih besar daripada penyembahan berhala yang biasa dilakukan oleh orang-orang Quraisy.

Baca Juga

Upaya Utsman bin al-Huwayrith yang sedang kita bicarakan adalah upaya yang tidak banyak diketahui namun penting. Setelah Utsman bin al-Huwayrith bertemu dengan Zaid bin Amr, Warqa bin Naufal, dan Ubaydullah bin Jahsy, Utsman bin al-Huwayrith pergi ke Syam.

Siapa Utsman?

Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyq, menjelaskan Utsman bin al-Huwayrith bin Asad bin Abd al-Azza bin Qusay adalah satu penyair Makkah, salah satu yang paling cerdas di antara mereka, dan salah satu orang bijak yang terkenal. Dia dikenal sebagai al-Batriq,  sepupu dari Waraqa bin Nawfal dan sepupu dari Khadijah binti Khuwaylid.

Upaya Utsman bin al-Huwayrith untuk mengkristenkan Makkah. Urwa bin al-Zubair berkata bahwa Utsman bin al-Huwayrith, yang bercita-cita untuk memiliki Quraisy dan termasuk orang yang paling bijaksana dan paling bijaksana dari Quraisy, datang kepada Kaisar dan melihat tempat kebutuhan mereka dan perdagangan mereka di negaranya, maka dia menyebutkan Makkah kepadanya dan membujuknya, dan mengatakan bahwa itu akan menjadi peningkatan bagi raja Anda sebagaimana Kisra memiliki Sanaa, maka dia memilikinya atas mereka dan menulis surat kepadanya kepada mereka.

Ketika ia mendatangi mereka, ia berkata, "Wahai kaumku, sesungguhnya Kaisar yang kalian ketahui, negara kalian aman dalam kekuasannya, dan perdagangan kalian lancar di pundaknya. Aku adalah sepupumu dan salah satu dari kalian, tetapi aku mengambil dari kalian guci dari kulit yang disamak, botol, dan kulit yang tidak disamak, mengumpulkannya dan kemudian mengirimkannya kepadanya, dan aku takut jika kalian menolak untuk melakukannya, dia akan menyangkal Syam.

Ketika dia mengatakan hal ini kepada mereka, mereka takut kepada Kaisar, dan hati mereka tersentuh oleh apa yang dia sebutkan tentang perdagangan mereka, sehingga mereka sepakat untuk memasang mahkota di kepalanya di malam hari, dan mereka meninggalkannya dengan itu, dan ketika mereka tawaf pada malam hari, Allah mengutus sepupunya, Al-Aswad bin Al-Muththalib bin Asad bin Abd al-Azza kepadanya, dan dia berteriak dengan cara yang paling sibuk ketika orang-orang Quraisy tawaf, Wahai hamba-hamba Allah, seorang raja di Teheran!

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement