Rabu 07 Aug 2024 20:36 WIB

Upaya untuk Mengkristenkan Makkah dan Kabah yang Selalu Gagal Sepanjang Sejarah

Allah SWT senantiasa melindungi Makkah dan Kabah

Red: Nashih Nashrullah
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto:

Dan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Al-Aswad bin al-Muttalib berkata ketika orang-orang Quraisy ingin memiliki Utsman bin al-Huwayrith, "Orang-orang Quraisy adalah serbuk sari yang tidak dapat dimiliki! Kemudian mereka berkata, "Sungguh, demi Allah, tidak pernah ada raja di Tahama."

Orang-orang Quraisy mundur dari apa yang mereka katakan kepadanya, dan dia pergi kepada Kaisar untuk memberitahukannya.

Di Syam, beberapa pedagang Quraisy mengkhianati Utsman bin al-Huwayrith kepada raja Ghassanid, Amr bin Jafnah. Dia membuat rencana untuk menjebak Kaisar dan Utsman bin al-Huwayrith, dan berhasil pada awalnya, tetapi Utsman selamat dari rencana tersebut, dan meyakinkan Kaisar tentang kesetiaannya.

Kaisar menulis surat kepada Utsman ibn al-Huwayrith kepada Amr ibn Jafnah untuk memenjarakan siapa saja yang ingin dia penjarakan dari para pedagang Quraisy, maka dia mendatangi Ibnu Jafnah dan mendapati di Syam ada Abu Ahiha Sa'id ibn al-Aas (yang bersorban) dan keponakannya Abu Dhub (Hisyam ibn Shu'ba dari Bani 'Amir ibn Lu'ay). Namun, Amr bin Jafnah al-Ghassani merencanakan sebuah konspirasi dan menaruh racun pada Utsman bin al-Huwayrith, dan dia meninggal di Syam.