Rabu 07 Aug 2024 22:29 WIB

Disebutkan 3 Kali dalam Alquran, yang Dua Disandingkan dengan Firaun, Apa Makna Autad?

Terdapat banyak penafsiran kata Autad dalam Alquran

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Alquran. Terdapat banyak penafsiran kata Autad dalam Alquran
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Ilustrasi Alquran. Terdapat banyak penafsiran kata Autad dalam Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Jika membaca Alquran, kita akan mendapati kata autad sebanyak tiga kali dan dua di antaranya disandingkan dengan Firaun.

كَذَّبَتْ قَبْلَهُمْ قَوْمُ نُوحٍ وَعَادٌ وَفِرْعَوْنُ ذُو الْأَوْتَادِ

Baca Juga

“Telah mendustakan (rasul-rasul pula) sebelum mereka itu kaum Nuh, 'Aad, Fir'aun yang mempunyai tentara yang banyak.” (QS Sad 12)

وَفِرْعَوْنَ ذِي الْأَوْتَادِ “Dan kaum Firaun yang mempunyai pasak-pasak (tentara yang banyak).” (QS Al-Fajr: 12)

أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا

“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?” (QS An-Naba: 6-7)

Apakah makna autad? Dari sisi bahasa, autad adalah bentuk jamak dari pasak, yaitu sesuatu yang ditancapkan di tanah dari kayu, yang merupakan tongkat tebal dan runcing, dan banyak penafsiran tentang kata tersebut yaitu sebagai berikut ini:

Penafsiran pertama, pasak untuk siksaan: Ini adalah pendapat yang dipilih oleh Thabrani dan selainnya. Al-Hakim meriwayatkan yang sahih, dari Abdullah bin Mas'ud -raḍiyallāhu 'anhu- dalam firman Allah SWT:

"Dan orang-orang yang menyombongkan diri di muka bumi." (QS. Al-Fajr: 11),

Dia berkata, "Sesungguhnya Fir'aun telah menyombongkan diri di muka bumi. Firaun menancapkan empat buah pancang pada istrinya, lalu menancapkan tombak besar pada punggungnya hingga ia meninggal dunia."

Dari Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu-, "Fir'aun menancapkan empat buah pancang pada kedua tangan dan kedua kakinya. Ketika kedua pancang itu terlepas darinya, para malaikat menaunginya, lalu ia berkata, "Ya Rabb, bangunkanlah untukku sebuah rumah."

رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

"Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.” (QS at-Tahrim 11). Maka Allah memperlihatkan kepadanya rumahnya di surga."

photo
INFO GRAFIS Fakta Unik tentang Alquran - (Republika )

Interpretasi kedua, pasak-pasak itu adalah para tentara. Artinya, pasak-pasak itu adalah para tentara yang memperkuat kekuasaan Firaun sebagaimana pasak-pasak pada tenda, yang merupakan ungkapan bahasa Arab dan sesuai dengan apa yang dinyatakan dalam surat al-Buruj:

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْجُنُودِ فِرْعَوْنَ وَثَمُودَ

"Pernahkah kamu mendengar kisah tentara Firaun dan Tsamud." (QS  Al-Buruj: 17, 18), dan tentara-tentara itu dikatakan memiliki banyak tenda di kemah-kemah mereka.

Penjelasan ketiga..

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّمَا مَثَلُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا كَمَاۤءٍ اَنْزَلْنٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ فَاخْتَلَطَ بِهٖ نَبَاتُ الْاَرْضِ مِمَّا يَأْكُلُ النَّاسُ وَالْاَنْعَامُ ۗحَتّٰٓى اِذَآ اَخَذَتِ الْاَرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ اَهْلُهَآ اَنَّهُمْ قٰدِرُوْنَ عَلَيْهَآ اَتٰىهَآ اَمْرُنَا لَيْلًا اَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنٰهَا حَصِيْدًا كَاَنْ لَّمْ تَغْنَ بِالْاَمْسِۗ كَذٰلِكَ نُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, hanya seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah tanaman-tanaman bumi dengan subur (karena air itu), di antaranya ada yang dimakan manusia dan hewan ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan berhias, dan pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya (memetik hasilnya), datanglah kepadanya azab Kami pada waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman)nya seperti tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada orang yang berpikir.

(QS. Yunus ayat 24)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement