Kamis 08 Aug 2024 07:45 WIB

Siapa Menang, Rudal Israel Versus Iran? Ini Perbandingan Kekuatannya

Iran mengancam akan menyerang Israel sebagai balasan atas kematian Haniyeh.

Red: Teguh Firmansyah
Rudal Iran yang menghantam Israel
Foto: VOA
Rudal Iran yang menghantam Israel

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran telah memastikan akan membalas kematian pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang dibunuh Israel di Teheran. Tidak dijelaskan bagaimana dan kapan Iran akan membalas Israel.

Namun dalam aksi pembalasan terakhir, Iran sempat melepaskan rentetan rudal ke arah Israel. Teheran mempunyai rentetan rudal jarak jauh yang bisa menyentuh Tel Aviv.

Baca Juga

Israel tentu tinggal diam jika serangan dilancarkan. Apalagi rezim Zionis tersebut mendapat bantuan dari Amerika Serikat.

Lantas bagaimana kekuatan rudal di antara kedua negara?

Sputnik melaporkan persenjataan rudal balistik dua negara tersebut. Berikut rinciannya.

Iran

  1. Kheiber adalah generasi ke-4 dari rudal balistik Khorramshahr (juga disebut sebagai Khorramshahr-4). Rudal ini memiliki jangkauan 2.000 km dan dapat membawa hulu ledak sekitar 1.500 kg.
  2. Kheiber-Shekan (atau Kheibar Shekan) mampu mengenai target pada jarak hingga 1.450 km dan dapat membawa muatan sekitar 600 kg.
  3. Emad adalah rudal balistik jarak menengah yang memiliki jangkauan 1.700 km dan dapat membawa muatan hingga 750 kg.
  4. Rudal hipersonik Fattah-2 diluncurkan pada November 2023. Rudal ini memiliki jangkauan 1.500 km sementara kemampuan hipersonik rudal tersebut membantu hulu ledak seberat 450 kg untuk meniadakan sistem pertahanan musuh.
  5. Haj Qassem, yang dinamai menurut mendiang Jenderal Qassem Soleimani, adalah rudal balistik dengan jangkauan 1.400 km. Rudal ini dapat membawa hulu ledak seberat 500 kilogram dan konon memiliki kemampuan menghindari radar.
  6. Rudal balistik Sejjil memiliki jangkauan sekitar 4.000 km dan dapat membawa muatan sekitar 700 kg.
  7. Rudal balistik Shahab-3, yang diadopsi oleh Iran pada tahun 2003, memiliki jangkauan hingga 1.300 km dan dapat membawa muatan hingga 1.200 kg.
  8. Rudal balistik jarak menengah Ghadr-110 dapat membawa muatan 800 kg dan memiliki jangkauan hingga hampir 2.000 km. Dezful adalah rudal balistik yang memiliki jangkauan sekitar 1.000 km dan membawa hulu ledak 600-700 kg.

Israel

Karena sifat program rudal balistik Israel yang sangat rahasia, sebagian besar data yang tersedia untuk umum didasarkan pada perkiraan.

  1. Jericho-2 adalah rudal balistik berkemampuan nuklir yang dapat membawa muatan seberat 1.000 kg dan memiliki jangkauan sekitar 1.500 km.
  2. Jericho-3 adalah rudal balistik jarak menengah dengan perkiraan jangkauan antara 4.800 hingga 6.500 km dan membawa muatan hingga 1.300 kg.
  3. LORA adalah rudal kuasi-balistik dengan jangkauan hingga 430 km, yang mampu membawa muatan hingga 570 kg.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ اٰمَنْتُمْ لَهٗ قَبْلَ اَنْ اٰذَنَ لَكُمْۗ اِنَّهٗ لَكَبِيْرُكُمُ الَّذِيْ عَلَّمَكُمُ السِّحْرَۚ فَلَاُقَطِّعَنَّ اَيْدِيَكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ مِّنْ خِلَافٍ وَّلَاُصَلِّبَنَّكُمْ فِيْ جُذُوْعِ النَّخْلِۖ وَلَتَعْلَمُنَّ اَيُّنَآ اَشَدُّ عَذَابًا وَّاَبْقٰى
Dia (Fir‘aun) berkata, “Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu? Sesungguhnya dia itu pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu. Maka sungguh, akan kupotong tangan dan kakimu secara bersilang, dan sungguh, akan aku salib kamu pada pangkal pohon kurma dan sungguh, kamu pasti akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksaannya.”

(QS. Taha ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement