Kamis 08 Aug 2024 08:34 WIB

Bangkitnya Pejuang-Pejuang Muda Palestina di Tepi Barat

Pejuang muda Palestina di Tepi Barat membuktikan Israel tak hanya melawan Hamas.

Red: Fitriyan Zamzami
Pejuang bersenjata Palestina menghadiri pemakaman seorang komandan lokal di kelompok Jihad Islam di kota Jenin, Tepi Barat, Jumat, 27 Oktober 2023.
Foto:

Pertempuran kemarin menambah daftar panjang perlawanan di Tepi Barat. Brigade al-Quds-Brigade Jenin, salah satu kelompok Perlawanan paling aktif di Tepi Barat, mengumumkan beberapa operasi sepekan belakangan. Sejak Senin sore hingga malam, para pejuang Brigade menyerang beberapa posisi pasukan pendudukan Israel dan meledakkan sejumlah alat peledak yang telah ditentukan sebelumnya ke dalam kendaraan militer lapis baja.

Para pejuang brigade juga beberapa kali melawan pasukan infanteri Israel dan menembakkan senjata otomatis mereka ke pasukan yang bergerak melalui jalur pasokan ke Jenin. Pada Selasa pagi, Brigade tersebut mengumumkan bahwa para pejuangnya melakukan sejumlah penyergapan yang menargetkan kendaraan militer Israel dan pasukan infanteri di poros Jabairat dan poros Mahyoub, dengan menyatakan bahwa hal tersebut menimbulkan banyak korban jiwa di pihak penjajah. 

Brigade al-Qassam-Batalyon Tubas menyatakan bahwa para pejuangnya, bersama faksi Perlawanan Palestina lainnya, terlibat dalam pertempuran dengan pasukan Israel. Batalyon Tubas mengumumkan bahwa mereka telah meledakkan alat peledak yang menargetkan kendaraan militer Israel di Aqaba, dan mengklaim serangan langsung.

Brigade al-Qassam-Batalyon Jenin, bersama dengan Brigade al-Quds, Brigade Martir al-Aqsa, dan Brigade Mujahidin, menyatakan bahwa pejuang mereka berhasil memukul mundur pasukan Israel.